ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT KUSTA SUMBERGLAGAH MOJOKERTO DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN

  • EKA RATNA SARI

Abstract

Usaha bisnis dibidang pelayanan jasa kesehatan mengalami perubahan besar. Oleh karena itu, perumusan dan penetapan strategi sangat penting bagi perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Persaingan suatu perusahaan dapat dilihat dari strategi intern perusahaan yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan profit perusahaan. Rumah Sakit Kusta Sumberglagah milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur merupakan UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Rumah Sakit Kusta Sumberglagah Mojokerto dengan metode Balanced Scorecard dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu Koordinator Pokja Fungsional, salah satu staf rekam medik, salah satu perawat dan masyarakat khususnya pasien rumah sakit serta untuk sumber data sekunder yaitu dokumen resmi rumah sakit, penetapan sasaran strategis rumah sakit, serta data-data tentang kinerja rumah sakit. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur, observasi tidak langsung, dokumentasi, dan triangulasi. Penelitian Kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kinerja pada Rumah Sakit Kusta Sumberglagah Mojokerto. Hal ini dapat dilihat dari 3 indikator dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Indikator pertama yaitu kapabilitas karyawan menunjukkan bahwa karyawan mendapat pelatihan setiap tahun, kesejahteraan karyawan terjamin, tingkat retensi karyawan sangat bagus karena sedikit karyawan yang keluar dari rumah sakit, dan kepuasan pelanggan dapat dilihat pada lampiran yang menjelaskan tentang kinerja pelayanan rumah sakit dan standar jasa pelayanan nasional. Indikator kedua yaitu kapabilitas sistem informasi menunjukkan bahwa rumah sakit Kusta Sumberglagah Mojokerto menerapkan SIMRS untuk mempermudah proses pelayanan pasien. Indikator ketiga yaitu motivasi, pemberdayaan dan keselarasan Dalam indikator ini, penganalisisan kinerja rumah sakit dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu saran dari karyawan untuk perusahaan, saran yang berhasil dilaksanakan dan keselarasan antara karyawan dengan rumah sakit. Saran untuk Rumah Sakit Kusta Sumberglagah Mojokerto agar lebih sering mengadakan PKMRS untuk pasien dan keluarga pasien, minimal 2 kali seminggu.

Kata Kunci: Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.

Published
2014-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 111