Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Komisi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur
Abstract
Abstrak
Pelayanan publik dalam kehidupan masyarakat sekarang maupun pada masa mendatang sangatlah penting,
melihat pentingnya peranan publik yang rentan dengan penyalahgunaan penyelenggaraan pelayanan, maka
perlu adanya upaya peningkatan dan perbaikan. Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Timur melalui Perda
Jatim No 08 tahun 2011 membentuk lembaga pengawas eksternal pelayanan publik. KPP Provinsi Jawa
Timur. Keberadaan KPP ini juga terus menerus mendapatkan perhatiaan dari masyarakat. Maka perlu
adanya suatu pengukuran indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KPP Provinsi Jawa Timur.
Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu jenis penelitian deskriptif dan pendekatan
kuantitatif, hal ini bertujuan untuk mengetahui dan sejauh mana Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengadu)
terhadap pelayanan yang diberikan oleh Komisi Pelayanan Publik (KPP) Provinsi Jawa Timur, melalui 14
indikator sesuai dengan Kep.MENPAN Nomor 25 Tahun 2004. Sedangkan teknik pengambilan datanya
menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data didapat dari 150 responden beserta
Komisioner Komisi Pelayanan Publik, selanjutnya data yang didapat diolah sesuai dengan pedoman umum
Kep.MENPAN Nomor 25 Tahun 2004. Berdasarkan hasil penelitian KPP Provinsi Jawa Timur indikator
kewajaran biaya pelayanan memperoleh nilai interval tertinggi dan kecepatan pelayanan memperoleh nilai
paling rendah, namun demikian mutu pelayanan pada KPP Provinsi Jawa Timur masih dapat dikatakan
Baik. Sehingga saran yang diberikann adalah perlu adanya pemebenahan melalui penjelasan dalam unsur
kecepatan pelayanan, serta perlu adanya pemberitahuan yang divisualisasikan terkait syarat administratif
atau kelengkapan berkas pengaduan yang dibutuhkan dan batas waktu penyelesaian kasus.
Kata kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik
Abstract
Public service in public life now or in the future is important , look at the important role of the public who
are vulnerable to abuse maintenance services , then there should be efforts to improve and repair . East
Java Provincial Government through PERDA East Java No. 08 in 2011 to form an external oversight board
of public service. PAC East Java Province . The presence of PEG also continue to have perhatiaan of
society . So there should be an index measuring satisfaction towards service KPP East Java Province . As
for the type of research used by the author are the type of research is descriptive and quantitative
approaches , it is intended to find out and to what extent the Community Satisfaction Index ( Complainant )
against the services provided by the Public Service Commission KPP of East Java Province , through 14
indicators according to Kep . Menpan No. 25 of 2004 . Whereas data acquisition techniques using
questionnaires , interviews, and documentation . Data obtained from 150 respondents with the
Commissioner of Public Service Commission , further processed data obtained in accordance with the
general guidelines Kep.MENPAN No. 25 of 2004 . Based on the research results PAC East Java service
charge indicator weights obtaining the highest value and speed of service interval to obtain the lowest , but
as the quality of service in East Java Province KPP still be said Good. So the advice is to be there
pemebenahan diberikann through annotations in the speed of the service element , and there has to be
visualized notification related administrative requirements or equipment needed file complaints and case
resolution time limit.
Keywords: Community Satisfaction Index, Public Service
PDF Downloads: 52