Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Komisi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur

  • SANDI TRI CAHYO

Abstract

Abstrak  
Pelayanan publik dalam kehidupan masyarakat sekarang maupun pada masa mendatang sangatlah penting,
melihat pentingnya peranan publik yang rentan dengan penyalahgunaan penyelenggaraan pelayanan, maka
perlu adanya upaya peningkatan dan perbaikan. Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Timur melalui Perda
Jatim No 08  tahun 2011 membentuk  lembaga pengawas eksternal pelayanan publik. KPP Provinsi  Jawa
Timur.  Keberadaan  KPP  ini  juga  terus  menerus  mendapatkan  perhatiaan  dari  masyarakat. Maka  perlu
adanya  suatu  pengukuran  indeks  kepuasan  masyarakat  terhadap  pelayanan  KPP  Provinsi  Jawa  Timur.
Adapun  jenis  penelitian  yang  digunakan  oleh  penulis  yaitu  jenis  penelitian  deskriptif  dan  pendekatan
kuantitatif, hal  ini bertujuan untuk mengetahui dan sejauh mana  Indeks Kepuasan Masyarakat  (Pengadu)
terhadap pelayanan yang diberikan oleh Komisi Pelayanan Publik (KPP) Provinsi Jawa Timur, melalui  14
indikator  sesuai dengan Kep.MENPAN Nomor 25 Tahun 2004. Sedangkan  teknik pengambilan datanya
menggunakan  kuesioner,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Data  didapat  dari  150  responden  beserta
Komisioner Komisi Pelayanan Publik, selanjutnya data yang didapat diolah sesuai dengan pedoman umum
Kep.MENPAN Nomor 25 Tahun 2004. Berdasarkan hasil penelitian KPP Provinsi Jawa Timur  indikator
kewajaran biaya pelayanan memperoleh nilai interval tertinggi dan kecepatan pelayanan memperoleh nilai
paling  rendah,  namun  demikian mutu  pelayanan  pada KPP Provinsi  Jawa Timur masih  dapat dikatakan
Baik. Sehingga saran yang diberikann adalah perlu adanya pemebenahan melalui penjelasan dalam unsur
kecepatan pelayanan,  serta perlu adanya pemberitahuan yang divisualisasikan  terkait  syarat administratif
atau kelengkapan berkas pengaduan yang dibutuhkan dan batas waktu penyelesaian kasus.
 
Kata kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik  
Abstract
Public service in public life now or in the future is important , look at the important role of the public who
are vulnerable  to abuse maintenance  services  ,  then  there  should be efforts  to  improve and  repair  . East
Java Provincial Government through PERDA East Java No. 08 in 2011 to form an external oversight board
of  public  service.  PAC East  Java  Province  . The  presence  of  PEG  also  continue  to  have  perhatiaan  of
society . So there should be an index measuring satisfaction towards service KPP East Java Province . As
for  the  type  of  research  used  by  the  author  are  the  type  of  research  is  descriptive  and  quantitative
approaches , it is intended to find out and to what extent the Community Satisfaction Index ( Complainant )
against  the services provided by  the Public Service Commission KPP of East Java Province  ,  through 14
indicators  according  to  Kep  .  Menpan  No.  25  of  2004  .  Whereas  data  acquisition  techniques  using
questionnaires  ,  interviews,  and  documentation  .  Data  obtained  from  150  respondents  with  the
Commissioner  of  Public  Service  Commission  ,  further  processed  data  obtained  in  accordance with  the
general guidelines Kep.MENPAN No. 25 of 2004  . Based on  the  research  results PAC East Java service
charge indicator weights obtaining the highest value and speed of service interval to obtain the lowest , but
as  the  quality  of  service  in  East  Java  Province  KPP  still  be  said  Good.  So  the  advice  is  to  be  there
pemebenahan  diberikann  through  annotations  in  the  speed  of  the  service  element  ,  and  there  has  to  be
visualized notification  related administrative  requirements or equipment needed  file complaints and case
resolution time limit.
 
Keywords: Community Satisfaction Index, Public Service

Published
2014-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 52