PELAYANAN PRIMA POSYANDU LANSIA  DI PUSKESMAS JAGIR KOTA SURABAYA

  • NURUL FADLILAH LAELY

Abstract

Abstrak
Angka  harapan  hidup  dari  tahun  ke  tahun  terus  meningkat,  akibatnya  jumlah  lansia  terus  bertambah.
Pemerintah memberikan  perhatian  yang  serius  akan  hal  tersebut  dengan  terlaksananya  pelayanan  lanjut
usia melalui    (posyandu)  lanjut usia. Pelayanan yang dilakukan di posyandu  lansia merupakan pelayanan
ujung tombak dalam penerapan kebijakan pemerintah untuk pencapaian lanjut usia yang sehat, mandiri dan
berdaya guna. Permasalahan mendasar bagaimana pelayanan prima yang diberikan petugas kepada anggota
posyandu  lansia  agar mereka  bersedia  hadir  dalam    kegiatan  posyandu  lansia.  Penelitian  ini merupakan
penelitian  deskriptif  kualitatif  dengan  teknik  pengumpulan  data  berupa  observasi,  wawancara  dan
dokumentasi  yang  selanjutnya  dianalisis  menggunakan  data  kualitatif  berdasarkan  konsep  Miles  dan
Huberman. Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui pelayanan prima posyandu  lansia di Puskesmas  Jagir
Kota Surabaya. Dengan  fokus penelitian  paparan yang  jelas,aturan  tentang  prosedur  yang  tepat,  hak  dan
kewajiban pemberi atau penerima pelayanan diatur secara  jelas,  loket  informasi dan kotak saran, petugas
yang  kompeten,  pola  pelayanan  yang  tepat,  biaya  /  tarif  ditetapkan  secara  wajar,  pelayanan  dilakukan
secara  tertib,teratur  dan  adil,  kebersihan  dan  sanitasi  pelayanan  harus  selalu  dijamin,  dan  petugas  harus
ramah dan sopan.Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa di posyandu  lansia sudah  terdapat paparan
yang  jelas  yaitu  di  setiap  meja  terdapat  tulisan  pendaftaran,  pencatatan,  pemeriksaan  dan  penyuluhan.
Aturan  yang  berlaku  dinilai  tepat,  konsisten  dan  konsekuen  dengan  menggunakan  4  meja.  Hak  dan
kewajiban  pemberi  dan  penerima  layanan  sudah  terpenuhi.Kritik  dan  saran  disampaikan  melalui
musyawarah dan sesi  tanya  jawab.  Proses pelayanan ditangani oleh petugas yang  trampil, pola pelayanan
yang  diberikan  sudah  tepat  yakni  efisien  dan  efektif.  Pelayanan  diberikan  secara  gratis.  Pelayanan
dilakukan  secara  tertib dan adil  sesuai dengan nomor urut yang di dapat  setiap anggota. Kebersihan dan
sanitasi  pelayanan  sudah  cukup  baik.  Petugas  dalam  memberikan  pelayanan  cukup  ramah  dan  sopan,
menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh para anggota posyandu lansia.
Kata Kunci: Pelayanan Prima, Posyandu Lansia
Abstract
People’s  life  expectancy  is  always  increasing  year  by  year,  it  causes  the  content  of  the  elderly  is
increasing too. The government gives a seriously attention about it through the elderly Posyandu and that
services  is  done.  This  service  at  elderly  Posyandu  is  the  spreadhead  of  implementation  by  the
government’s  wisdom  for  reaching  out  the  healthy,  independent  and  meaningful  elderly.  The  basic
problem, how the prime service by the officer of elderly posyandu  is given  in order to make them being
there in every activities.
This  research  is  qualitative  descriptive  with  using  data  collecting  technique,  through  observation,
interview and documentary then being analysed using qualitative data according to Miles and Huberman
concept.  The  purpose  of  this  research  is  knowing  about  the  prime  service  of  elderly  posyandu  at
Puskesmas  in  Jagir Surabaya. This  research’s  focus  is clearly description, exactly procedural condition,
right  and  obligasion  by  user  and  recipient  of  this  service,  information  desk  and  suggestion  box,
compentences officers, good services form, reasonable cost, orderly and fair services, good sanitation of
service must be guaranted, polite and friendly officers.
This  conclusion  of  this  research  is  the  elderly  Posyandu  already  has  a  clearly  description,  which  is
replication  listing book, checking and suggesting notification  in every desk. The conditions on duty are
exactly,  consistent  and  consequences  using  4  tables. The  right  and  obligasion  of  user  and  recipient  is
being completed. People could give their critics and suggestion by conversation session. Services proses
is handled by an expert officer, service form given with efficience and effevtive. There is not any cost for
services. This service  is giving with orderly and fair. according to the number who everyone gets. Clean
and good sanitation of service are good enough. The officers who gave services are polite and  friendly,
they using language easier for people of elderly Posyandu.  
Keywords :  Prime service, elderl

Published
2014-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 359