EFEKTIVITAS TIKET ONLINE BERBASIS RAIL TICKET SYSTEM (RTS)DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 8  STASIUN BESAR SURABAYA GUBENG

  • IKE CYNTHIA OCTARISQI SIAGIAN

Abstract


Abstrak 

Rail Ticket System (RTS) merupakan suatu sistem informasi berupa aplikasi yang digunakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai aplikasi pem-backup semua data-datamilik PT. KAI baik itu data pegawai, data keuangan perusahaan, data manifes penumpang keretaapi sampai pada keistimewaannya yaitu untuk reservasi tiket online. PT. KAI merupakan BUMNyang menggunakan aplikasi tiket online berbasis RTS ini sejak tahun 2011. Oleh karena itu, tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan tiket online berbasis RTS di PT. KAIyang mengacu pada 6 (enam) aspek penilaian tiket online berbasis RTS yaitu kualitas sistem,kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan pelanggan dan keuntungan bersih.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi daripenelitian ini adalah seluruh calon penumpang kereta api. Jumlah seluruh anggota sampel dalampenelitian ini sebanyak 30 orang yang merupakan penumpang kereta api yang melakukan reservasitiket melalui website resmi PT. KAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianini adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitaspenerapan tiket online berbasis RTS  di PT. KAI dapat dikatakan efektif. Hal ini dilihat daripenilaian setiap sub variabel efektivitas yang memperoleh presentase nilai 76,6% yaitu kualitassistem, 79,2% yaitu kualitas informasi, 76,6% yaitu kualitas pelayanan, 80% yaitu penggunaan,79,6% kepuasan pelanggan dan 77,3% yaitu keuntungan bersih Berdasarkan presentasi nilairesponden tersebut maka efektivitas penerapan tiket online berbasis Rail Ticket System (RTS) diPT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Stasiun Besar Surabaya Gubeng dinyatakanefektif dimana termasuk dalam rentang nilai 61%-80%. 

Kata Kunci: Efektivitas, Rail Ticket System (RTS) 

EFFECTIVENESS ONLINE TICKET BASED RAIL TICKET SYSTEM (RTS) AT PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 8 STASIUN BESAR SURABAYA GUBENG 

Abstract Rail Ticket System ( RTS ) is an information system of application used by PT . KeretaApi Indonesia (Persero) as an application development backup all owned data by PT . KAI bothemployee data , financial data , the data train passenger manifest until the merits are for onlineticket reservation . PT. KAI is a state-owned enterprises that use online ticket application basedRTS started since 2011. Therefore , the purpose of this study was to determine the effectiveness ofonline ticket -based RTS in PT. KAI which refers to the 6 ( six ) aspects of online ticket -basedassessment of RTS is system quality, information quality, service quality, use, customer usersatisfaction and net benefit. This study is a descriptive study with a quantitative approach .Popolation for this study is all of passanger. Total samples in this study of 30 people who arepassenger trains that make reservation tickets through the official website of PT . KAI . Datacollection techniques used in this study were questionnaires, observation and interview. Theresults showed that the effectiveness of online ticket -based RTS in PT. KAI can be said to beeffective . It is seen from the assessment of effectiveness of each sub- variable -based online ticketRTS obtain a percentage value of 76.6 % that system quality, 79.2 % is information quality, 76.6% is service quality, 80% of which use, 79.6 % user satisfaction and 77.3 % is net benefit. Basedon the presentation of the respondents value the effectiveness of online ticket -based Rail TicketSystem ( RTS ) at PT . Kereta Api Indonesia ( Persero ) Regional Operations 8 Big StationSurabaya Gubeng declared effective range of values which are included in the 61 % -80 %

Keywords : Effectiveness, Rail Ticket System ( RTS ) 

Published
2014-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 137