EFEKTIVITAS REMUNERASI DI KANTOR REGIONAL IIBADAN KEPEGAWAIAN NEGARA SURABAYA 

  • MIFTACHUL ULUM

Abstract

ABSTRAK

Remunerasi merupakan salah satu program pemerintah yang menjadi trending topic dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Indonesia. Dalam proses sosialisasi dan internalisasi perlu kesatuan pandangan bahwaperbaikan remunerasi merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan kinerja organisasi dan bukan menjaditujuan reformasi birokrasi (dalam Majalah Layanan Publik Edisi XXVI tahun 2008). Dengan adanya perbaikanremunerasi pada pegawai, diharapkan mampu membenahi kinerja pegawai agar semakin efektif dan profesionalsesuai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiEfektivitas Remunerasi di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya dengan konsep KetepatanSasaran program, Sosialisasi program, Tujuan Program dan Pemantauan Program (dalam Budiani, 2007).Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambilsampel sejumlah 36 orang dari keseluruhan pegawai Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabayayang berjumlah 182 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi, danobservasi. Adapun data yang sudah diolah dalam tabel akan dideskripsikan sesuai dengan teori ataupunwawancara dengan beberapa pegawai Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa dari pengolahan data, kriteria penilaian masing-masing item pertanyaan dalamangket didominasi oleh penilaian efektif dan sangat efektif. Adapun prosentase terendah dalam penelitian iniadalah 77,08% sementara prosentase tertinggi adalah 92,36%. Jadi, penelitian yang berjudul EfektivitasRemunerasi di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya dinyatakan efektif.Kata

Kunci: Efektivitas, Remunerasi, Kinerja Pegawai. 

ABSTRACT

 Remuneration is one of government programs who become trending topics an implementation BureaucraticReform in Indonesian. In the process of socialization and internalization, necessary unity of view t hatimprovement of remuneration is part of strategy for increase organizational performance and not become goalsof Bureaucratic Reform (in Majalah Layanan Publik edition XXVI, 2008th). With improvement of remunerationin employee, be expect able to reorganize performance of employee that more and more effective andprofessional appropriate target of set bu governments in Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 about GrandDesign Bureaucratic Reform 2010-2025. This study purpose is knowing about effectiveness of the remunerationin Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya with concept: program’s targeting accuracy,socialization programs, programs objectives, and monitoring programs (in Budiani, 2007). This study usingtypes of descriptive with quantitative approach. This study took a sample amount thirty six employee from allemployee Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya amount one hundred and eighty two. Datacollection techniques used were questionnaires, documentation and observation. Data that has been processed intable will described appropriate theory or interview with some employee Kantor Regional II BadanKepegawaian Negara Surabaya. The results showed that from processed data, assessment criteria eachquestion’s item in questionnaires dominated by assessment effective and very effective. As for lowestpercentage in this study was 77,08%, while higher percentage was 92,36%. So, this study entitled Effectivenessof the Remuneration in Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya stated effective.

Key Words: Effectiveness, Remuneration, Performance of Employee.

Published
2014-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 69