PELAYANAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI  SDN LIDAH KULON III SURABAYA

  • CATUR FRANSIYANTI

Abstract

Permasalahan Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru dengan konsep semi online menimbulkan
kekhawatiran  para  calon  wali  murid  (orang  tua)    tentang  sulitnya  melakukan  pendaftaran  Penerimaan
Peserta  Didik  Baru  (PPDB).    Pelayanan  PPDB  semi  online  bertujuan  mempermudah  pendaftaran,
informasi serta pengolahan akan hasil pendaftaran. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan
pelaksanaan  pelayanan  Penerimaan  Peserta  Didik  Baru.  Jenis  penelitian  adalah  penelitian  deskriptif
kualitatif.  Teknik  pengumpulan  data  observasi,  wawancara  serta  dokumentasi.  Fokus  penelitian  adalah
Delapan  prinsip  Pelayanan  Publik  berdasarkan  Keputusan  Mentri  Pendayagunaan  Aparatur  Negara
No:63/KEP/M.PAN/2003  tentang  Pedoman  penyelenggaraan  Pelayanan  Publikantara  lain  yaitu
Kesederhanaan, Kejelasan, Keamanan, Keterbukaan,  Efisien,  Ekonomi, Keadilan dan Ketepatan waktu.
Lokasi Penelitian SDN Lidah Kulon III/466. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah pengumpulan
data,  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  menarik  kesimpulan.  Kesimpulan  dari  hasil  penelitian  tersebut
adalah  pelayanan  Penerimaan  Peserta  Didik  Baru  di  Sekolah  Dasar  Negeri  Lidah  Kulon  III/466  telah
memenuhi  kesederhanaan  prosedur  pelayanan  dengan  cepat.  Penerimaan  berkas  pendaftaran  lansung  di
entry  dan  dimasukan  ke  dalam  website  dan  kemudian  mendapat  print  out  formulir  pendaftaran  online.
Kejelasan  prosedur  tercantum  dalam  buku  pedoman  dan  website  dinas  pendidikan.  Keterbukaan  juga
telah  dilaksanakan  sehingga masyarakat  dapat  langsung melihat hasil  dari  pendaftaran.  Keamanan  serta
keterbukaan berjalan dengan baik aman karena pelayanan berjalan dengan transparan tentang data siswa
yang  diterima.  Sangat  Efisien  dan  ekonomis  karena  pendaftaran  tanpa  biaya/gratis.  Keadilan  berjalan
dengan  adil  karena  tidak  ada  perbedaan  dalam  menentukan  penerimaan  siswa  baru.  Ketepatan  waktu
dimulai  dan  berakhirnya  penerimaan  peserta  didik  menggunakan  sistem  timer.Saran  Penyederhanaan
dalam pendaftaran  PPDB menjadi full online, Penyediaan sarana kapasitas data dan prasarana komputer
yang  lebih  memadahi,  Sosialisasi  kepada  para  pendaftar  oleh  dispendik  baik  mengenai  ketersediaan
informasi via online serta upaya pemenuhan pagu sekolah di sekolah yang tidak favorit.


Kata Kunci : Pelayanan Publik, Pelayanan Peserta Didik Baru

Published
2014-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 1004