IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BOJONEGORONOMOR 19 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI JASA UMUM DI KABUPATEN BOJONEGOROSTUDI PARKIR BERLANGGANAN DI TEPI JALAN UMUM DIPONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO)
Abstract
Abstrak
Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum salah satunya mengatur tentangetribusi parkir berlangganan. Pelaksanaan retribusi parkir berlangganan di Kabupaten Bojonegoro memberikankontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bojonegoro. Tetapi padapelaksanaannya masih ditemukan masalah yang terjadi dilapangan, salah satunya yaitu masih ditemukan petugas parkiriar, serta adanya pungutan ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Implementasi PeraturanDaerah Nomor 19 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum,yang salah satunya mengatur tentang retribusi parkirberlangganan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Denganmenggunakan metode penelitian kualitatif, adapun subyek penelitian yaitu pengguna jasa parkir, petugas parkir, KepalaBidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro, Tim pengendali dan monitoring pelayananparkir, Kepala Kantor Samsat Kabupaten Bojonegoro. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Fokuspenelitian adalah variabel implementasi yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Teknikpengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data pada penelitianmplementasi retribusi parkir berlangganan di Jalan Diponegoro Kabupaten Bojonegoro, dari data yang diperolehdisusun secara sistematis yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pelaksanaan retribusi parkir berlangganan di Jalan Diponegoro Kabupaten Bojonegoro dilihat darisetiap variabel model implementasi menurut George Edward yang meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi danstruktur birokrasi. Pada variabel komunikasi masih ditemukan kendala terkait kejelasan lokasi area parkir berlanggananserta terkait tentang himbauan larangan untuk memberi uang pada petugas parkir, yang dirasa para pengguna parkirbelum jelas. Kemudian terkait variabel sumber daya ditemukan kendala mengenai jumlah petugas parkir. Kemudianpada variabel disposisi ditemukan kendala yang diakibatkan dari faktor pemberian insentif. Serta pada variabel strukturbirokrasi belum ditemukan kendala terkait SOP dan pelaksanaan fragmantasi di Dinas Perhubungan. Sehinggadiharapkan Dinas Perhubungan dalam pelaksanaan retribusi parkir berlangganan, dapat memperhitungkan setiapvariabel implementasi yaitu terkait komunikasi, sumber daya, disposisi. Agar pelaksanaan retribusi parkir berlangganandapat berjalan dengan baik.Kata Kunci: Implementasi, Retribusi Parkir Berlangganan.
Abstract
Regional Regulation No. 19 Year 2011 on Public service levies regulates e.g. parking fees subscribe. Themplementation of parking fees subscription in Bojonegoro provide a substantial contribution to improve the originalncome of Bojonegoro. But in practice still found problems that occur in the field, one of which is still found illegalparking attendants, as well as multiple levies. This study aims to describe the implementation process of the RegionalRegulation. This type of research is descriptive research. By using qualitative research methods, while the studysubjects are users of parking services, parking attendants, Head of Infrastructure Department of TransportationBojonegoro, controlling and monitoring of parking services team, Head Office of SAMSAT Bojonegoro. Sources ofdata are primary data and secondary data. The focus of the research is the implementation of variable that iscommunication, resources, disposition, and bureaucratic structures. Data collection techniques are namely thedocumentation, interviews and observations. Data analysis techniques on the studyare those, from the data obtainedare arranged systematically using data reduction, data display and conclusion. The results showed that themplementation of parking fees subscribe along Jalan Dponegoro viewed from each variable according to GeorgeEdward implementation model that includes communication , resources , disposition and bureaucratic structures . In the communication variables are still found constraints related to the right subscription site and related to the appealof forbidding to give money to the parking attendants , about which the parking site users is not yet clear . Related tothe resources variable, the constaint is found on the number of parkuing attendants. In the disposition variable theconstraints is found on the incentive factor. While in the bureaucratic structure one, the constraint which is related tothe Implementation Operation Standart and fragmantation implementationat the Department of Tansportation hasn’tbeen found. So, we hope the Department of Transportation can take acount every variable in the mplementation ofparking fees subscribes, so that in the next time it can be implemented better.
Keywords: Implementation, Levy Subscribe parking.
PDF Downloads: 112