RESPONSIVITAS PPID (PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI) DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI PUBLIK (Studi Pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur)

  • JAUHARIN AIMMAH

Abstract

RESPONSIVITAS PPID (PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI) DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI PUBLIK

(Studi Pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur)

 

JAUHARIN AIMMAH  

aimmahjauharin@yahoo.com

 

 

ABSTRAK 

 

Informasi merupakan kebutuhan pokok manusia, dan hak untuk mendapatkan informasi publik adalah Hak Asasi Manusia. Untuk itu dengan adanya pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik. Sebagai wujud penerapan dari Undang-Undang tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur membangun suatu lembaga yang memiliki tugas khusus utuk mengelola dan melayani infomasi publik serta dokumentasi di satuan kerjanya.

Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah adalah mengetahui bagaimana responsivitas PPID Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dalam menyediakan informasi publik. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Peneletian ini menggunakan uji validitas, reabilitas serta uji vasliditas. Instrument penelitan terdiri dari 24 item pertanyaan. Teknik analisis data ada 3 yaitu pengolahan data, pengorganisasian data dan penemuan hasil.

Hasil penelitian ini bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dapat dikatakan sudah responsif. Karena semua sub-variabel diperoleh nilai lebih dari 70%. Dalam penelitian ini hanya terdapat variabel tunggal yaitu responsivitas PPID.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas yang dilakukan pada 24 item pernyataan, semuanya dinyatakan valid yaitu rhitung > rtabel  dimana r hitung adalah (1,511) sedangkan r tabel untuk jumlah N=36 adalah (0,424) jadi r hitung (1,511) > r tabel (0,424). Begitu juga dengan uji reliabilitas yang dilakukan ditemukan hasil dari r hitung adalah (1,511) sedangkan r tabel untuk jumlah N=36 adalah (0,424) jadi r hitung (0,424) > r tabel (1,511) maka dapat dinyatakan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini reliabel. Karena uji validitas dan uji reliabilitas sama-sama valid dan reliabel sehingga instrumen ini dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat untuk mengukur variabel. Hasil penelitian selanjutnya adalah Persentase yang diperolah dari sub-variabel merespon pelayanan termasuk pada kategori responsif dengan persentase 73,66%, pelayanan dengan cepat mendapatkan persentase sebesar 71,29% kategori responsif, sub variabel ketiga pelayanan dengan tepat mendapatkan persentase sebanyak 73,51% kategori responsif, sub variabel keempat yaitu pelayanan dengan cermat mendapatkan persentase 72,96% kategori responsif, kelima yaitu pelayanan dengan waktu yang tepat mendapat 72,96% kategori responsif dan terakhir sub variabel keluhan direspon petugas mendapat persentase tertinggi dengan 75,13%.

 

Kata kunci : Responsivitas, Pelayanan Informasi Publik

Published
2014-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 61