KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN)                            DI KECAMATAN BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO

  • IIS DWI ARINI

Abstract

Kualitas pelayanan publik di daerah masih perlu ditingkatkan ke arah yang lebih baik. Masyarakat di daerah mempunyai tuntutan yang lebih untuk mendapatkan pelayanan yang optimal demi kepuasan pelayanan yang diterima dari penyelenggara. Oleh karena itu pemerintah menerapkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Balongbendo. Maksud dari PATEN ini sendiri untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta meminimalisir pemberian pelayanan jasa yang berbelit-belit. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan dan mengetahui tingkat kualitas pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengukuran kualitasnya berpedoman pada Kepmenpan No. 63 Tahun 2003 tentang standar pelayanan, yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas pemberi pelayanan. Sampel dari penelitian ini diambil 10% dari jumlah populasinya yaitu customer yang menerima pelayanan jasa di ruang PATEN yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo sudah sangat baik. Dibuktikan dengan uji validitas, uji realibilitas dan analisis statistik-deskriptif menunjukkan bahwa hasil penelitian tiap sub variabel memperoleh nilai dengan prosentase lebih dari 81%, yaitu prosedur pelayanan 88%, waktu penyelesaian 90%, biaya pelayanan 90%, produk pelayanan 89%, sarana dan prasarana 87%, dan kompetensi petugas pemberi pelayanan 89% sehingga masuk dalam kategori sangat baik..

Kata Kunci: paten, kualitas, pelayanan.

Published
2014-08-17
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 1069