KUALITAS LAYANAN BUS KOTA “PERUSAHAAN UMUM DJAWATAN ANGKOETAN MOTOR REPOEBLIK INDONESIA” (PERUM DAMRI) KHUSUS WANITA DI KOTA SURABAYA

  • RR.RIANTI PUTRI P.

Abstract

KUALITAS LAYANAN BUS KOTA “PERUSAHAAN UMUM DJAWATAN ANGKOETAN MOTOR REPOEBLIK INDONESIA” (PERUM DAMRI) KHUSUS WANITA DI KOTA SURABAYA

 

                                                Rr. Rianti Putri Pertiwi (10040674043)                                                

Prodi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya

e-mail: riantiputri13@yahoo.co.id

 

Dra. Meirinawati, M.AP. (196805212000032001)

Prodi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya

 

ABSTRAK

Tingginya kasus kekerasan seksual di tempat umum terutama di bus angkutan massal membuat masyarakat semakin berani untuk mengajukan tuntutan, keinginan, dan aspirasinya kepada pemerintah. Adanya tuntutan dari masyarakat kepada pemerintah agar dalam pelayanan jasa transportasi, khususnya bus angkutan massal harus mengedepankan aspek kenyamanan dan keamanan bagi konsumennya serta adanya peningkatan kualitas layanan tersebut. Untuk meningkatkan kualitas layanan bus angkutan massal, maka pemerintah berpedoman kepada standar-standar yang telah dibuat dalam UU Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Layanan Bus Kota Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Perum Damri) Khusus Wanita Di Kota Surabaya.

Pengukuran kualitas pada penelitian ini menggunakan enam indikator dari UU Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan yaitu sejumlah 94 penumpang bus kota Perum Damri khusus wanita di Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah study kepustakaan, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan observasi.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel yang memiliki nilai prosentase tertinggi adalah variabel keamanan (68,05%), yang kedua adalah variabel keteraturan (68,04%), selanjutnya diikuti oleh variabel keselamatan (67,72%), variabel kenyamanan (67,01%), variabel keterjangkauan (66,87%), dan yang memiliki nilai prosentase terendah adalah variabel kesetaraan (63,51%). Sehingga diperoleh prosentase rata-rata kualitas pelayanan sebesar 66,86% yang berada pada kategori puas, yang artinya pelayanan bus kota Perum Damri khusus wanita telah berkualitas.

Kata Kunci: kualitas, layanan, bus kota Perum Damri khusus wanita

Published
2014-08-18
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 49