IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (PNPM-MP) DI DESA SUKOREJO KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO (Studi pada program pengobatan murah untuk Lansia)

  • ZAINUL ARIFIN

Abstract

IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (PNPM-MP) DI DESA SUKOREJO KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO (Studi pada program pengobatan murah untuk Lansia)
Zainul Arifin S1 Administrasi Publik, FIS, UNESA (zzainzz407@gmail.com)
Tjitjik Rahaju, S.Sos., M.si.

S1 Administrasi Publik, FIS, UNESA

Abstrak

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) yang merupakan salah satu program inti dari PNPM Mandiri. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2009 tentang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, Kabupaten Sidoarjo kemudian mengembangkan PNPM-MP Pengobatan Murah untuk Lansia. PNPM-MP “Pengobatan Murah untuk Lansia” merupakan program yang bertujuan untuk membantu para lansia warga miskin mendapatkan pelayanan pengobatan yang optimal dengan harga murah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Sukorejo, KSM Golden Age, Dokter dari YPKI, dan para lansia penerima program pengobatan murah ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan enam variabel keberhasilan implementasi yaitu, standar, tujuan, dan sasaran kebijakan belum sesuai dengan standar dan tujuan yang ditetapkan, sasaran kebijakan sudah tepat. Kedua, masih terdapat kendala pada sumber daya manusia, sumber daya finansial yang masih minim, dan sumber daya waktu masih belum tepat. Ketiga, karakteristik  agen pelaksana telah sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Keempat, disposisi implementor ditunjukkan dengan adanya respon positif dari para pelaksana program. Kelima, koordinasi yang dilakukan oleh para pelaksana program telah berjalan dengan baik, komunikasi yang disampaikan implementor sudah dilaksanakan dengan baik terbukti dengan adanya sosialisasi yang dilakukan. Keenam, lingkungan sosial respons positif yang diberikan oleh Desa lain, lingkungan politik berupa dukungan , dan lingkungan ekonomi sangat memberi pengaruh. Saran lebih selektif dalam memilih tenaga medis dan menambah biaya operasional.

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, PNPM-MP Program Pengobatan Murah untuk Lansia

Published
2014-08-20
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 67