EFISIENSI BIAYA PEMBESIAN BERDASARKAN BESTAT PADA PEKERJAAN PIER JEMBATAN TOL SUMO MAIN ROAD STA 12+266.746 DI PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk.

  • WIDHITYA HARYOKO

Abstract

Material sebagai salah satu komponen yang sangat penting dalam menentukan besarnya biaya dalam suatu proyek mempunyai kontribusi sebesar 40-60% dari biaya tersebut. Menurut K. Rowe (1975) dalam M. Khadafi (2008:1) salah satu indikator keberhasilan suatu proyek adalah pengendalian material, hal ini dikarenakan presentase anggaran biaya pengadaan material terhadap total anggaran biaya proyek kadangkala melebihi 50%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah sisa material dalam satuan kilo dan mengetahui anggaran biaya dalam satuan rupiah yang dapat diefisiensi dengan penggunaan faktor reduksi besi. Objek penelitian adalah pada pekerjaan pier jembatan tol sumo main road STA 12+266.746. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa total berat (kg) kebutuhan material pada kondisi eksisting (pier head) adalah sebesar 19.275,31; total berat (kg) kebutuhan material pada kondisi setelah reduksi (pier head) adalah sebesar 17.928,97; bahwa total berat (kg) kebutuhan material pada kondisi eksisting (kolom pier) adalah sebesar 7.332,16; total berat (kg) kebutuhan material pada kondisi setelah reduksi (kolom pier) adalah sebesar 6.912,37; bahwa total berat (kg) kebutuhan material pada kondisi eksisting (footing pier) adalah sebesar 12.656,56; total berat (kg) kebutuhan material pada kondisi setelah reduksi (footing pier) adalah sebesar 12.114,91; total efisiensi pada pier head adalah sebesar 0,07 %; total efisiensi pada kolom pier adalah sebesar 0,06 %; total efisiensi pada footing pear adalah sebesar 0,04 %; jumlah total efisiensi dalam harga (Rupiah) pada pier head adalah sebesar Rp. 12.169,37; jumlah total efisiensi dalam harga (Rupiah) pada kolom pier adalah sebesar Rp. 6.583,13; jumlah total efisiensi dalam harga (Rupiah) pada footing pier adalah sebesar Rp. 6.997,37.

Jadi untuk total keseluruhan berat besi pekerjaan Pier jembatan tol Sumo main road STA 12+266.746 adalah sebesar 39.264,03 kg kondisi Eksisting dan setelah dilakukan perhitungan Reduksi menjadi 36.956,24 kg sehingga didapat total efisiensinya sebesar 0,17 %, serta total biaya Efisiensi sebesar Rp. 25.749,88. Dapat disimpulkan bahwa proyek tersebut sudah menerapkan perhitungan nilai faktor reduksi.

Kata kunci: material, efisiensi biaya, pier

Abstract

Material as one of the most important components in determining the cost of a project has a contribution of 40-60% of the cost. According to K. Rowe (1975) in M. Khadafi (2008: 1) one indicator of the success of a project is material control, this is because the percentage of budget of material procurement cost to total project cost budget sometimes exceed 50%. The purpose of this research is to know the amount of waste material in kilo unit and know the budget cost in rupiah that can be efficiency with the use of iron reduction factor.

The object of this research is on pier work of Sumo main road toll road STA 12 + 266.746. Based on the results of research conducted shows that the total weight (kg) of material needs in the existing condition (pier head) is 19.275,31; Total weight (kg) of material requirement under pier head condition is 17.928,97; That total weight (kg) of material requirement in the existing condition (column pier) is 7,332.16; Total weight (kg) of material requirement under conditions after reduction (column pier) is 6.912,37; That the total weight (kg) of material requirements under the existing condition (footing pier) is 12.656,56; Total weight (kg) of material requirements at the condition after the reduction (footing pier) is 12.114,91; Total efficiency on pier head is 0.07%; Total efficiency on pier column is 0,06%; Total efficiency in footing pear is 0.04%; The total efficiency in the price (Rupiah) on the pier head is Rp. 12.169,37; The total amount of efficiency in the price (Rupiah) in the pier column is Rp. 6.583,13; The total efficiency in the price (Rupiah) on the footing pier is Rp. 6.997,37.

So for the total weight of iron work Pier toll bridge Sumo main road STA 12 + 266.746 is amounted to 39,264.03 kg Existing conditions and after the calculation of Reduction to 36.956,24 kg to obtain the total efficiency of 0.17%, as well as the total cost of Efficiency of Rp. 25.749,88. It can be concluded that the project has applied the calculation of the value of the reduction factor.

Key words: material, cost efficiency, pier

Published
2017-07-20
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 93