ANALISA KARAKTERISTIK MARSHALL LAPISAN ASPAL BETON AC-BC DAN ATB DENGAN TAMBAHAN ABU BATU SEBAGAI FILLER
Abstract
Pembangunan jalan dihadapkan pada penyempurnaan kualitas dan mutu bahan perkerasan jalan yang membutuhkan pemililihan meterialĀ yang tepat agar mutuĀ dapat terjamin. Alternatif yang masih mungkin untuk mendapatkan kualitas dan mutu pencampuran bahan aspal dengan cara menjaga mutu bahan tersebut. Metode Penelitian ini merupakan eksperimen yang menguji lapis aspal beton hotmix pada AC-BC (Asphalt Concrete - Binder Course) dan ATB (Asphalt Treated Base) terhadap karakteristik Marshall dengan menggunakan alat uji yaitu Marshall test. Benda uji yang akan digunakan adalah aspal, agregat halus, agregrat kasar, dan bahan pengisi (filler).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kadar Aspal Optimum (KAO) pada campuran AC-BC (Asphalt Concrete - Binder Course) yaitu 5,6% dan ATB (Asphalt Treated Base) yaitu 5,7% sebagai lapis antara dengan beban lalu lintas berat setelah meninjau dari karakteristik Marshall yang mencakup Stabilitas, VIM, VMA, Marshall Quotient, dan Flow.
Kata Kunci :Lapis Aspal Beton, Kadar Aspal Optimal, Karakteristik Marshall
Abstract
Road construction is faced with improving the quality and quality of road pavement materials that require appropriate meterial selection to ensure the quality is guaranteed. The possible alternative is to obtain the quality and quality of asphalt mixing by maintaining the quality of the material. Methods This study was an experiment that tested hotmix concrete asphalt layer on AC-BC (Asphalt Concrete - Binder Course) and ATB (Asphalt Treated Base) to marshall characteristic using marshall test tool. The specimens to be used are asphalt, fine aggregate, coarse aggregate, and filler.
The results showed that Asphalt Concrete - Binder Course (ACA) mixture was 5.6% and ATB (Asphalt Treated Base) was 5.7% as layer between with heavy traffic loads after review of Marshall characteristics that include stability, VIM, VMA, Marshall Qouitient, and flow.
Keywords: Asphalt Concrete Lining, Optimal Asphalt Level, Marshall Characteristics