ANALISIS NILAI KONDISI PERKERASAN JALAN SECARA VISUAL DENGAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX STUDI KASUS: JALAN MASTRIP (SBY 10+100 - 10+700)

  • MOCH FIRMAN BAGUS WICAKSONO
  • PURWO MAHARDI

Abstract

Prasarana transportasi jalan yang setiap waktu terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas perkerasan jalan. Evaluasi kondisi perkerasan jalan sangat perlu dilakukan untuk monitoring seberapa tingkat kerusakan yang terjadi pada suatu ruas jalan. Metode yang digunakan dalam rangka menentukan tingkat nilai kondisi kerusakan perkerasan jalan yaitu metode Bina Marga dan Pavement Condition Index.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat nilai kondisi perkerasan jalan dari kerusakan yang terjadi pada Jalan Mastrip (SBY 10+100 - 10+700) yang merupakan jalan kolektor di kawasan industri wilayah Surabaya Selatan dan akses utama menuju Kabupaten Gresik. Penilaian kondisi perkerasan disertai dengan usulan perbaikan yang direkomendasikan berdasarkan kerusakan kemudian dilakukan perhitungan estimasi biaya untuk menentukan alternatif yang paling murah ditinjau dari segi efisiensi biaya perbaikan kerusakan perkerasan jalan.

Perhitungan nilai kondisi berdasarkan pengamatan survei dengan metode Bina Marga termasuk program pemeliharaan berkala dengan usulan perbaikan antara lain penebaran pasir, pengaspalan, penutupan retak, penambalan lubang, dan perataan.Sedangkan metode Pavement Condition Index termasuk kategori baik dengan usulan perbaikan antara lain penambahan pasir, penutupan retak, penambalan parsial, penutup permukaan, dan overlay. Kerusakan paling parah terjadi pada Segmen 8 (10+600 - 10+500) dengan kategori sangat buruk. Estimasi biaya berdasarkan usulan perbaikan metode Bina Marga sebesar Rp. 28.912.845,- sedangkan metode Pavement Condition Index sebesar Rp. 78.050.372,-. Perhitungan estimasi biaya metode Bina Marga dinilai lebih murah dibandingkan metode Pavement Condition Index dengan selisih Rp. 49.137.527,- atau sekitar 63%.

Kata Kunci: Nilai Kondisi, Usulan Perbaikan, Estimasi Biaya

Published
2019-01-08
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 1654