Excavator ANALISA PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS EXCAVATOR TIPE A, B DAN C PADA PEKERJAAN GALIAN KONSTRUKSI JALAN

  • Adwin Tri Sujiono Putra UNESA

Abstract

            Pekerjaan pembangunan jalan yang berskala perlu menggunakan alat berat. Alat berat dalam pembangunan jalan juga dibagi sesuai fungsi masing-masing yaitu alat penggali, pemuat, pengangkat, penghampar dan alat pemadat. Alat berat harus bekerja dengan efisien guna memudahkan pekerja dalam membantu pekerjaan dalam suatu proyek, terutama proyek jalan. Ekskavator atau alat pengeruk adalah alat berat yang terdiri dari batang, tongkat, keranjang dan rumah dalam sebuah wahana putar dan digunakan untuk mengeruk atau menggali tanah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbandingan beberapa tipe ekskavator dan kapasitas untuk mendapatkan suatu produktivitas dan efisiensi dari alat berat yang akan dibandingkan.

            Dari analisa kelima jurnal, didapatkan hasil pada jurnal pertama, sampel B lebih efektif. Jurnal kedua, sampel B lebih efektif daripada sampel lain. Begitu juga dengan jurnal ketiga sampel B lebih efektif daripada jurnal lain. Selanjutnya jurnal keempat, sampel A lebih efektif daripada jurnal lain. Jurnal yang kelima, sampel C lebih efektif daripada sampel lain.

            Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini yaitu besar dan kecil suatu produktivitas ditentukan oleh tipe atau kapasitas alat berat yang akan digunakan. Semakin besar produktivitas sangat berpengaruh kepada segi waktu dan segi biaya dalam suatu pekerjaan.

 

Published
2021-03-30
Section
Articles
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 38