Analisis Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Surface Distress Index (SDI) dengan International Roughness Index (IRI)
Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI), International Roughness Index (IRI), Kerusakan perkerasan jalan, Evaluasi kondisi jalan, Kekasaran permukaan jalan dan Kenyamanan berkendara
DOI:
https://doi.org/10.26740/rekats.v13n01.p17-29Kata Kunci:
Driving comfort, International Roughness Index , Pavement Condition Index , pavement distress , Surface Distress IndexAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan tingkat kerusakan perkerasan jalan menggunakan tiga metode evaluasi yang berbeda Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI), dan International Roughness Index (IRI). PCI mengevaluasi kondisi permukaan jalan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan kerusakan, SDI fokus pada identifikasi visual kerusakan permukaan, sedangkan IRI mengukur kekasaran permukaan yang mempengaruhi kenyamanan berkendara.
Studi kasus dilakukan di ruas Jalan Raya Ngujur Kabupaten Madiun – batas Kabupaten Ponorogo, dengan data dikumpulkan melalui survei lapangan dan pengukuran langsung. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan antar metode dalam menilai kerusakan jalan. PCI mencatat nilai kerusakan dari 10 (parah) pada Sta 3 ± 400 - 3 ± 600 hingga 88 (baik) pada Sta 9 ± 200 - 9 ± 300, menunjukkan perlunya perbaikan di area dengan nilai tinggi. SDI mencatat nilai dari 115 (rusak ringan) pada STA 1 ± 400 - 1 ± 500 hingga 55 (rusak sedang) pada STA 8 ± 600 - 8 ± 700. IRI menunjukkan nilai dari 2,59 (baik) pada STA 2 ± 000 - 2 ± 100 hingga 7,18 (tinggi) pada STA 2 ± 600 - 2 ± 700.
Rata-rata nilai SDI dan IRI menunjukkan kerusakan sedang, merekomendasikan pemeliharaan rutin dan perbaikan pada area dengan nilai tinggi. Penelitian ini menekankan pentingnya menggabungkan berbagai metode untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kondisi jalan, mendukung pengambilan keputusan yang lebih efektif dalam perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur jalan.
Kata Kunci : Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI), International Roughness Index (IRI), Kerusakan perkerasan jalan, Evaluasi kondisi jalan, Kekasaran permukaan jalan dan Kenyamanan berkendara
Unduhan
Referensi
Amjad Issa, H. S. (2022). Predicting pavement condition index using artifical neural networks approach. Ain Shams Engineering Journal.
Bagus Prasetyo, D. B. (2019). Analisi Pavement Condition Index Dan Surface Distress Index Dengan International Roughness Index (IRI). Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke-22, 299 - 306.
Darmawan, A. P. (2022). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Beserta Metode Perbaikan Pada Konstruksi Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Study Kasus: Jalan Peterongan - Jogoroto, Kabupaten Jombang). Jurnal Rekats S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Univeristas Negeri Surabaya, 3-11.
Fakhrul Rozi, E. H. (2020, Februari). Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index). Jurnal Talenta Sipil, 47-50.
Falakush Shobah Almubarok, R. M. (2022). Road Pavement Condition Index as a Method to Analyze the Level of Road Damage. Advanced Civil and Environmental Engineering , 1-10.
Hardiyatmo, H. C. (2009). Pemeliharaan Jalan Raya. Univesitas Gajah Mada Press.
I Nyoman Yastaman, D. M., & Ariawan, I. M. (2021). Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode SDI (SURFACE DISTRESS INDEX). Jurnal Spektran, 181-188.
Marga, B. (2017). Manual Perkerasan jalan. Indonesia: Direktorat Jenderal Bina Marga .
Miftah Maulana, R. C. (2023). Analisis Kerusakan Permukaan Jalan Berdasarkan Penilaian Dengan Metode SDIdanIRI(Studi Kasus: Jalan Raya Ciherang Kabupaten Bogor). http://journal.isas.or.id/index.php/JACEIT, 1-8.
Muhaimin, W., & Soehardi, F. (t.thn.). ANALISIS KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI). Diambil kembali dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/inersiajurnal.
Norma Widya Haryati, M. M. (2023). Pavement Condition Index (PCI) Analysis In Measuring Road Damage Levels And Its Effect On Vehicle Speed In Lembar-Sekotong-Lombok Barat Road Segement . Sitekin, 1-10.
Sebastianus Priambodo, J. I. (2022). NALYSIS OF ROAD DAMAGE USING The Surface Distress Index (SDI) Method on The Gresik-Surabaya Road Section Km. 4+900 to Km. 7+700. 1-6.
Simmora. (2018). Perkerasan Jalan.
Soegiyono. (2009). Perkerasan Lentur.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

