Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Nasional Secara Visual Beserta Rencana Perbaikan dan Anggaran Biaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/rekats.v13n01.p114-124Kata Kunci:
Kerusakan, PCI, SDI, Perbaikan, Anggaran BiayaAbstrak
Jalan Raya Surabaya-Malang merupakan jalan arteri nasional yang terletak di Kabupaten Sidoarjo. Beban lalu lintas yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada permukaan perkerasan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kondisi perkerasan jalan melalui metode Pavement Condition Index (PCI) dan Surface Distress Index (SDI), yang nantinya akan digunakan untuk menentukan jenis pemeliharaan serta perhitungan anggaran biaya penanganannya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, ditemukan berbagai jenis kerusakan di Jalan Raya Surabaya-Malang STA 25+600 – 28+800, seperti retak kulit buaya, retak blok, retak pinggir, retak memanjang, retak melintang, retak selip, bergelombang, tambalan, lubang, alur, sungkur, pelapukan dan butiran lepas. Nilai PCI menunjukkan bahwa kondisi perkerasan jalan berada dalam kondisi sangat baik (very good), yaitu dengan rata-rata nilai PCI untuk arah Surabaya-Malang sebesar 78 dan arah Malang-Surabaya sebesar 72. Nilai SDI menunjukkan bahwa kondisi perkerasan jalan berada dalam kondisi baik (SDI < 50), yaitu dengan rata-rata nilai SDI untuk arah Surabaya-Malang sebesar 13,4 dan arah Malang-Surabaya sebesar 22,2. Jenis pemeliharaan yang diperoleh berdasarkan analisa PCI dan SDI adalah pemeliharaan rutin dan berkala dengan metode perbaikan P2 (Pengaspalan), P4 (Pengisian retak), P5 (Penambalan lubang), dan P6 (Perataan). Berdasarkan perhitungan, perbaikan kerusakan di Jalan Raya Surabaya-Malang STA 25+600 – 28+800 memerlukan biaya sebesar Rp. 829.901.687,38.
Unduhan
Referensi
Anugrah, D. A. (2021). “Analisa Penilaian Kondisi Jalan Raya dengan Metode Surface Distress Index (SDI) dan Present Servicebility Index (PSI) Studi Kasus: duri Kecamatan Mandau” Tugas Akhir. Universitas Islam Riau: Pekanbaru.
ASTM International (2007). “Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys, Designation: D 6433-07” West Conshohocken: ASTM International.
Balido, P. T. S., Mudjanarko, S. W., dan Safarizki, H. A. (2021). “Perencanaan Peningkatan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Petuk (STA 15+050 – STA 15+500) Kec, Penfui Kota Kupang Menggunakan Metode Bina Marga 2017” Jurnal Media Komunikasi Dunia Ilmu Sipil 3(1): 25-29.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2011). “Panduan Survei Kondisi Jalan No. SMD-03/RCS” Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Manuputty, T. L., Matitaputty, V. M., dan Paulus, N. (2022). “Analisis tebal Perkerasan Lentur dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ 2017) Pada Ruas Jalan Desa Kowatu – Desa Ramberu, Kecamatan Inamosol, Kabupaten Seram Bagian Barat” Jurnal Monumata 8(1): 75-81.
Muhammad, H. N. (2022). “Perbandingan Nilai Kerusakan Berdasarkan Pengamatan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode International Roughness Index pada Jalan Raya Bukittinggi – Medan KM 7” Ensiklopedia Research and Community Service Review 1(2): 200-204.
Nafita, C. (2022). “Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Terhadap Biaya Perbaikan Jalan (Studi Kasus: Jalan Lingkar By Pass Krian, Kab. Sidoarjo” Rekats: Jurnal Rekayasa Teknik Sipil 10(2).
Nashruddin, A. Z., dan Buana, C. (2021). “Analisis Penilaian Kerusakan Jalan dan Perbaikan Perkerasan pada Jalan Raya Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik” Jurnal Teknik ITS 10(1): 27-34.
Sangle, P. R., Tonapa, S. R., dan Kamba, C. (2021). “Studi Tingkat Kerusakan Permukaan Jalan dengan Kombinasi Nilai Surface Distress Index dan International Roughness Index” Jurnal Matriks Teknik Sipil 9(1): 15-22.
Sasuwuk, G. K. G., Waani, J. E., dan Rumayar, L. E. (2019). “Analisa Kinerja Perkerasan jalan Ditinjau dari Besarnya Volume Kumulatif Lalu Lintas dan faktor Lingkungan” Jurnal Sipil Statik 7(1): 93-102.
Simanjutak, H. V. (2018). “Anaisis Kerusakan Akibat Muatan Lebih Angkutan Barang terhadap Perkerasan Jalan dan Umur Jalan (Studi Kasus di Jembatan Timbang UPPKB Simpang Dua Pematang Siantar, Sumatera Utara)” Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Wicaksono, M. F. B. (2018). “Analisis Nilai Kondisi Perkerasan Jalan Secara Visual dengan Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index Studi Kasus: Jalan Mastrip (SBY 10+100 – 10+700)” Rekats: Jurnal Rekayasa Teknik Sipil 3(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

