REPRESENTASI KESENIMANAN MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI KONSTRUKSI IDENTITAS: STUDI KASUS AKUN INSTAGRAM EKO NUGROHO

  • Leny Yunita Universitas Negeri surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri surabaya

Abstract

Instagram memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi penggunanya, salah satunya untuk mendorong popularitas penggunanya dengan menunjukan identitas melalui unggahan instagram. Maka tujuan penelitian ini penulis ingin mengetahui dan menganalisis tentang representasi kesenimanan Eko Nugroho, dengan melihat proses konstruksi identitas yang dilihat melalui unggahan karya di instagram @ekonugroho_studio. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus yang berguna untuk mendeskripsikan cara Eko Nugroho bisa membranding dirinya dan mendeskripsikan proses konstruksi identitasnya melalui unggahan karya di instagram @ekonugroho_studio. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa gambar dan kata-kata. Penelitian ini difokuskan pada arena produksi kultural yang mendukung konstruksi identitas Eko Nugroho dengan melihat teori Bourdieu tentang arena produksi kultural. Hasil dan pembahasan penelitian ini menggunakan instagram sebagai media penelitian, dengan mengungkap kesejarahan Eko Nugroho masa berproses dalam berkesenian yang semakin didukung dengan unggahan instagram sebagai identitas seniman dan juga mengungkapkan hasil dari produksi arena kultural yang mencakup modal-modal yang ditentukan. Identitas Eko Nugroho terbentuk melalui proses berkesenian dengan mengungkap kesejarahan berkesenian Eko Nugroho yang diperkuat dengan beberapa modal dari teori Bourdieu tentang arena produksi kultural yang sudah ditentukan. Kata Kunci: Brand personality, Eko Nugroho, Instagram, Konstruksi Identitas
Published
2021-07-12
Section
Articles