MASTERPIECE KIT: PENCIPTAAN KARYA SENI RUPA MENGGUNAKAN POLA APRESIASI PERMAINAN INTERAKTIF
Abstract
Berlangsungnya era seni rupa kontemporer dalam wacana postmodernisme tidak banyak mengubah praktik seni rupa modern, namun dalam usaha dan reaksinya berhasil untuk melawan prinsip modernisme dimana tidak ada pemetakan seni tinggi dan seni rendah, yang mengkhususkan medium, orisinalitas dan universalitas seni untuk seni. Dalam hal ini penulis bertujuan untuk menciptakan sebuah karya seni yang mengangkat dari persoalan tersebut, dengan menjadikan karya seni menjadi lebih interaktif. Penulis mencoba untuk membangun wacana seni yang melibatkan pencipta dengan publik, tanpa menghadirkan stratifikasi konsep seni tinggi dengan seni rendah, dimana pola apresiasinya dijadikan sebuah bentuk permainan interaktif, dan membuat publik semakin dekat dengan karya seni. Alasan dasar penulis menggunakan medium permainan adalah sebagai bentuk pendekatan interaktif penulis dengan publik melalui karya seni untuk memisahkan jarak antara pencipta dengan apresian, dimana sebuah konsep karya seni penulis tetap berlandaskan pada konsep berfikir seni. Fokus penciptaan karya seni ini adalah menciptakan satu karya instalasi berupa paket gameboard untuk dimainkan apresian. Paket gameboard dengan judul Masterpiece Kit ini di pilih oleh penulis karena menyesuaikan latar belakang pekerjaan penulis sebagai desainer packaging produk f&b. Karya ini di buat dengan berbagai macam media dan teknik diantaranya cetak digital dan di Lukis secara manual. Kata Kunci: Seni Rupa Kontemporer, Permainan, Interaktif.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-07-07
How to Cite
pradana, mochamad nurdin adi, & djatiprambudi, djuli. (2022). MASTERPIECE KIT: PENCIPTAAN KARYA SENI RUPA MENGGUNAKAN POLA APRESIASI PERMAINAN INTERAKTIF. SAKALA JURNAL SENI RUPA MURNI, 3(1), 115–127. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sakala/article/view/47881
Issue
Section
Articles
Abstract views: 146
,
PDF Downloads: 235