KARAKTER GENERASI Z SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI DUA DIMENSI

Authors

  • Fadia Rohmah Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Indah Chrysanti Angge Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1997-2012 yaitu setelah generasi Y dimana kelahiran generasi ini diikuti dengan perkembangan teknologi yang sangatlah pesat . Hal ini dapat mempengaruhi karakter generasi Z, mereka menjadi menyukai hal hal serba instan yang dapat memicu dampak pribadi yang suka bermalas malasan, apatis, gaya hidup konsumtif, anti sosial, dan enggan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk memvisualkan karakter yang dimiliki oleh generasi Z dalam bentuk karya seni dua dimensi dengan menggunakan metode penelitian Practice-led Research. Perupa melakukan empat tahapan penciptaan karya seni antara lain: tahap persiapan, tahap mengimajinasi, tahap pengembangan imajinasi, dan tahap pengerjaan. Pada penciptaan karya perupa menggunakan media fabric colour dan cat sutera yang diaplikasikan di atas kain jenis tetrex toray dan sutera satin. Proses penciptaan karya meliputi : pembuatan desain, persiapan alat dan bahan, dan perwujudan karya. Karya yang dihasilkan secara keseluruhan berjumlah 5 buah dengan rincian yaitu : karya pertama berjudul “Menggantung”; karya kedua berjudul “Menjadi Layu”; karya ketiga berjudul “Gersang”; karya keempat berjudul “Perlahan Kupatahkan”; dan karya kelima berujudul “Abai”. Kata kunci: Generasi Z, Seni, Karakter, Dua Dimensi. Abstract Generation Z is a generation born in 1997-2012, namely after generation Y where the birth of this generation was followed by very rapid technological developments. This can affect the character of generation Z, they like instant things that can trigger personal impacts that like to be lazy, apathetic, have a consumptive lifestyle, are anti-social, and are reluctant to think critically. This study aims to visualize the character possessed by generation Z in the form of two-dimensional artwork using the Practice-led Research research method. The artist carried out four stages of creating artwork, including: the preparation stage, the imagination stage, the imagination development stage, and the work stage. In creating the artwork, the artist used fabric color and silk paint media which were applied on tetrex toray and satin silk fabrics. The process of creating the artwork includes making designs, preparing tools and materials, and realizing the artwork. The works produced in total amounted to 5 pieces with details, namely the first artwork entitled "Menggantung", the second artwork entitled "Menjadi Lavu", the third artwork entitled "Gersang"; the fourth artwork entitled "Perlalu Kupatahkan"; and the fifth paper is entitled "Abai". Keywords: Generation Z, Art, Character, Two-Dimensional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Fadia Rohmah Putri, & Indah Chrysanti Angge. (2025). KARAKTER GENERASI Z SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI DUA DIMENSI. SAKALA JURNAL SENI RUPA MURNI, 6(1), 59–71. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sakala/article/view/67376
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 43