KARAKTER “PEACEKIMI” PADA GAME ROBLOX SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA KERAMIK DUA DIMENSI GAYA NAIVISME

Authors

  • Olda Sancae Kimitosie Mahasiswa
  • Muchlis Arief

Abstract

Roblox merupakan platform game yang menyediakan pengalaman bermain virtual dengan berbagai macam genre game, serta memungkinkan pengguna untuk mengembangkan kreativitas didalamnya. Berawal dari kegemaran bermain game Roblox menjadi titik awal menciptakan karakter avatar bernama Peacekimi. Setiap kali bermain Roblox perupa dapat mengenang setiap keping memori masa kecil sehingga tertarik memvisulkan Peacekimi pada karya keramik dua dimensi gaya naivisme, Peacekimi memiliki visual anak perempuan berambut pendek berwarna blonde dengan mahkota peri dikepalanya, bertubuh pendek sedikit berisi. Peacekimi memiliki visual yang menarik sekaligus sangat relevan untuk merefleksikan memori masa kecil yang di angkat. Metode yang digunakan pada penciptaan ini adalah metode dari Husen Hendriyana (Practiced-led Research) yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu Pra-Perancangan (eksplorasi sumber ide, konsep, dan landasan penciptaan), tahap Perancangan (membuat rancangan desain karya), tahap Perwujudan (Visualisasi karya), dan tahap Penyajian (Pemaknaan karya). Telah diciptakan enam karya keramik dengan gaya Naivisme ini berjudul 1) Lihat kebunku, 2) Peacekimi dan dunia aquarium, 3) Memori skuter, 4) Pergi ke bulan, 5) Minggu pagi, dan 6) Mandi sore.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Sancae Kimitosie, O., & Arief, M. (2025). KARAKTER “PEACEKIMI” PADA GAME ROBLOX SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA KERAMIK DUA DIMENSI GAYA NAIVISME. SAKALA JURNAL SENI RUPA MURNI, 6(2), 157–167. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sakala/article/view/71230
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 8