TIPE BUNUH DIRI PADA TOKOH UTAMA OBA YOZO DALAM NOVEL NINGENSHIKKAKU KARYA OSAMU DAZAI DITINJAU BERDASARKAN TIPOLOGI BUNUH DIRI DURKHEIM(Kajian Sosiologi Sastra)

  • MUHAMMAD HAMZA ARRACHMAN

Abstract

Abstrak

Tindakan bunuh diri pada individu tidak hanya dapat dikaitkan melalui motif dan sifat individu semata, melainkan dapat diteliti melalui aspek sosial. Penelitian tentang tipe bunuh diri pada tokoh utama Oba Yozo dalam novel Ningen Shikkaku karya Osamu Dazai ini digunakan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan tipe bunuh diri melalui aspek sosial berdasarkan tipologi bunuh diri Durkheim. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa kutipan-kutipan kalimat yang berupa narasi maupun dialog antar tokoh yang mengarah pada tipe bunuh diri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dianalisis, kemudian dijabarkan secara deskriptif menggunakan teori yang relevan untuk memecahkan rumusan masalah.

Hasil dari penelitian ditemukan berdasarkan empat aspek sosial pada tokoh utama Oba Yozo. Keempat aspek sosial tersebut diperoleh sebagai berikut. Tokoh utama Oba Yozo merupakan individu yang memiliki ikatan sosial yang lemah, mengalami konflik batin antara keinginan untuk memenuhi tuntutan sosial dan kepentingan individu, memiliki sifat bergantung pada kelompoknya demi kepentingan individu. Dari ketiga aspek sosial diatas dapat ditentukan bahwa tipe bunuh diri Oba Yozo ialah tipe bunuh diri Anomik. Aspek sosial yang terakhir ialah penyebab tipe bunuh diri anomik yaitu Deprivasi relatif.

Kata Kunci : Bunuh diri, Tipologi Bunuh Diri, Osamu Dazai

要旨

この作品はエミル・デュルケムは次のように言う。「自殺が個々人の動機や性格によってではなく、実は社会環境要因によって生じていることを示唆している。一定数人々が似通った社会状況におかれることこそが、こうした結果をもたらしているのだ。だから見るべきは、個々人の事情よりもむしろ、全体的な社会環境なのだ」。この点に関してデュルケムの自殺論には社会環境要因による自殺類型が説明がある。筆者はエミル・デュルケムの自殺類型によって太宰治の『人間失格』という小説の主役、大庭葉蔵の自殺タイプを研究した。本研究は質的記述的研究方法で, 大庭葉蔵の自殺類型を分析した。本研究のデータソースは太宰治の『人間失格』という小説を使用した。大庭葉蔵の自殺類型化する為にデュルケムの自殺論を使用した。

デュルケムの自殺論に従って大庭葉蔵の自殺タイプはアノミータイプである。大庭葉蔵の社会生活を分析すると、以下のとおり説明できる。大庭葉蔵は一定の社会生活の型に順応できないから、社会関係が弱い, 大庭葉蔵にとって、社会の目的より自分の目的が優先する, 自分の生活のために他の人に依存している。アノミーによる自殺の社会環境要因は相対的遮断ということである。

キーワード自殺論、自殺のタイプ、太宰治

Published
2017-05-05
Abstract Views: 161
PDF Downloads: 329