KECEMASAN PADA TOKOH UTAMA DAIGO KOBAYASHI(小林大悟) DALAM FILM OKURIBITO 『おくりびと』 KARYA YOJIRO TAKITA (滝田洋二郎)

  • MOH. WILDAN ARIF

Abstract

Begitu banyak permasalahan yang terjadi pada manusia. Salah satunya yang tergambar pada film Okuribito 『おくりびと』karya Yojiro Takita (滝田洋二郎) adalah kecemasan. Sehingga menjadi latar belakang peneliti untuk mengkaji kecemasan dengan Psikoanalisa Freud. Kecemasan ini berupa gejala-gejala yang muncul baik berupa gejala fisiologi dan gejala Pskologi beserta penyebab dari munculnya kecemasan itu sendiri.

Metode yang peeliti gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis 20 data dari film Okuribito 『おくりびと』karya Yojiro Takita (滝田洋二郎) . Sehingga ditemukan gejala fisilogi: 1) Murung, 2) wajah tertunduk, 3) tidak bertatap muka (saat berbicara), 4) komunikasi tidak lugas, 5) waspada, 6) Gelisah, dan 7) kesenangan yang tiba-tiba hilang. Dan gejala Psikologi meliputi: Rasa tidak berdaya, rasa takut, dan rasa akan ditimpa bahaya. Sedangkan kecemasan disebabkan adanya ancaman, pertentangan, dan ketakutan pada diri Daigo Kobayashi (小林大悟).

Kata Kunci: Psikoanalisa Freud, kecemasan, gejala kecemasan, penyebab kecemasan.

 

要旨

人で起こるいろいろ問題がある。その一つは滝田洋二郎『おくりびと』に不安が見える。だから、これはFreudのサイコアナリシスで不安を研究するための著者の理由である。この不安の形式は性的な症状や心理的の症状や原因の不安である。

著者は滝田洋二郎『おくりびと』の20データを分析するために定性的な記述的の分析を使う。したがって著者が生理的の症状は、①無気力、②頭を下げる、③相手の顔をみない、④うまく言わない、⑤警告、⑥ナーバス、⑦突然幸福を感じなくなることがある、そして心理的の症状は、①無力、②恐怖、③上書き危険になる感じがある、主人公「小林大悟」の不安の全部の原因は脅威や葛藤や恐怖であるのが発見する。

キーワード:Freudサイコアナリシス、不安、不安の症状、不安の原因。

Published
2013-09-11
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 37