PROSES KREATIVITAS JANGGRUNG ARENA MENJADI PERTUNJUKAN PROSENIUM MELALUI KARYA TARI “TANDHAK JANGGRUNG”

  • RISZKA FRANLAILI SEDYO UTAMI
  • BAMBANG SUGITO

Abstract

Janggrung berawal dari Kesenian Tayub yang mengalami pergeseran.Pada Karya Tari Tandhak Janggrung penulis yang sekaligus sebagai koreografer terinspirasi dengan keberadaan Janggrung yang semakin punah. Proses kreativitas nantinya akan melahirkan sebuah bentuk penyajian baru yang dikemas dalam Karya Tari Tandhak Janggrung .Karya Tari Tandhak Janggrung memiliki tujuan komunikatif yakni meyampaikan cerita hidup Pupon dan sebagai upaya mempertahankan Janggrung dari kepunahan. Koreografer berupaya menampilkan wujud baru kepada penonton, Janggrung yang disajikan menjadi sebuah pertunjukan dengan mengusung konsep panggung prosenium. Proses kreatif yang dilakukan oleh koreografer adalah sebuah perwujudan bentuk tari baru dengan objek Janggrung arena menjadi sebuah pertunjukan yang disajikan melalui konsep prosenium.
Proses kreativitas Janggrung menjadi sebuah Karya Tari Tandhak Janggrung merupakan sebuah wujud perubahan Janggrung dari pentas arena menjadi pertunjukan prosenium.Proses kreativitas dilakukan melalui rangsang awal, eksplorasi, improvisasi, evaluasi, komposisi (pembentukan). Proses kreativitas yang dilakukan pada Karya Tari Tandhak Janggrung menimbulkan perubahan bentuk penyajian meliputi gerak, iringan, tata cahaya, tata busana, dan tata panggung.Bentangan jarak antara panggung dan penonton pada prosenium dapat menciptakan bayangan arstistik mampu menghadirkan kesan yang diolah koregrafer untuk mewujudkan kreasinya di atas panggung prosenium.
Karya tari berjudul Tandhak Janggrung yang berdurasi kurang lebih -14 menit merupakan proses kreativitas koreografer dalam merepresentasikan suka dan duka Pupon sebagai Tandhak Janggrung di Desa Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Media ungkap yang digunakan karya tari Tandhak Janggrung yakni mengusung gaya Jawa Timuran. Elemen pendukung karya tari Tandhak Janggrung antaralain tata rias dan busana yang menunjang mengenai penampilan seorang tandhak, tata teknik pentas, properti yang digunakan baik dingklik, trap dan siluet.

Kata Kunci: Kreativitas, Karya Tari Tandhak Janggrung , Janggrung arena, prosenium
Published
2018-05-31
How to Cite
FRANLAILI SEDYO UTAMI, R., & SUGITO, B. (2018). PROSES KREATIVITAS JANGGRUNG ARENA MENJADI PERTUNJUKAN PROSENIUM MELALUI KARYA TARI “TANDHAK JANGGRUNG”. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/23426
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 95