PENGUNGKAPAN MAKNA BENTUK SIKAP TANGAN ‘EMPRIT MUNGUP’ MELALUI TIPE TARI STUDI DAN DRAMATIK PADA KARYA TARI “VITARKA”

  • ERVIN NURIANA
  • PENI PUSPITO

Abstract

Karya tari Vitarka merupakan salah satu karya inspiratif yang berangkat dari sebuah fenomena bentuk sikap tangan pada tari Jawa Timur yaitu Sikap tangan Emprit Mungup dimana pemaknaan tersebut di tafsirkan oleh koreografer pada kehidupan manusia yaitu menyadarkan akan sosok manusia dimana dia berasal disitu dia kembali, manusia yang sebelumnya tidak akan akan menjadi tiada lagi maka dalam kehidupan haruslah manusia mengendalikan diri dari sifat – sifat buruk dan menghargai hidup sebagai kodrat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Karya ini memilih salah satu fokus pada pengungkapan isi makna melalui bentuk pertunjukan tipe tari studi – dramatik, dimana berngkat dari sebuah objek sederhana dan di ungkapkan melalui penggambaran suasana dalam sebuah pertunjukan tari.
Penulisan pada karya tari Vitarka menggunakan beberapa teori diantaranya Ichonography mengenai ilmu mudra, sebagai acuan dalam pemaknaan bentuk sikap tangan tersebut. Teori koreografi, repetisi, urutan (Sequence), transisi, dan staccato membantu dalam perwujudan mengenai konsep yang telah diangkat menjadi sebuah pertunjukan tari. Penafsiran koreografer pada sebuah bentuk sikap tangan yang kemudian dilanjutkan pada tahap proses kreatif yang diantranya adalah eksplorasi, improvisasi, komposisi, analisisi, evaluasi dan fiishing.
Karya tari vitarka menawarkan bentuk sajian tari eksplorasi sebuah objek terpilih yakni bentuk sikap tangan emprit mungup atau vitarka pada ilmu mudra, melalui tari studi – dramatik. Pada hal tersebut koreografer berharap untuk semua penikmat agar dapat belajar dari sebuah obyek sederhana, dari hal kecil menjadi besar, dari yang susah menjadi mudah, dan mengambangkan pemikiran serta penafsiran sesuatu yang berdasar pada ide gagasan yang menimbulkan sebuah kreatifitas.

Kata Kunci : Emprit Mungup, Mudra, Tari Studi, Tari dramatik, dan Vitarka

Published
2018-07-13
How to Cite
NURIANA, E., & PUSPITO, P. (2018). PENGUNGKAPAN MAKNA BENTUK SIKAP TANGAN ‘EMPRIT MUNGUP’ MELALUI TIPE TARI STUDI DAN DRAMATIK PADA KARYA TARI “VITARKA”. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24091
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 395