KARYA TARI KOREOGRAFI PENDIDIKAN “Ki-Ti-GaPit” DENGAN JENIS GARAP SOLAH BAWA

  • RIKA SURYA MEI WULANDARI
  • ANIK JUWARIYAH

Abstract

Dalam pendidikan karakter menekankan tiga komponen karakter yang baik yaitu, pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral, dan perbuatan bermoral. Begitu pula koreografi pendidikan yang dapat digunakan sebagai pembentuk karakter anak Hal ini diperlukan agar seorang anak mampu memahami, merasakan, dan mau mengerjakan kebijakan. Seorang koreografer juga harus mampu menciptakan sebuah karya sesuai dengan kebutuhan, baik kebutuhan bagi dirinya maupun kebutuhan bagi orang lain. Terutama bagi seorang koreografer pendidikan harus mampu menciptakan sebuah karya sesuai dengan kebutuhan pendidikan (peserta didik). Koreografi pendidikan mengajarkan kepada anak suatu gerak tarian tetapi tidak lepas dari unsur pendidikan (mendidik). Dalam hal ini seorang koreografer sangat berperan penting, selain mengajarkan gerakan, seorang koreografi harus mampu menciptakan sebuah karya yang cocok dan dapat diterima bagi seorang peseta didik.

Metode yang digunakan dalam penciptaan karya tari Ki-Ti-GaPit yaitu metode konstruksi dan eksplorasi , dimana metode ini digunakan untuk membuat garapan yang baru dan mengeksplorasi gerak-gerak yang dimunculkan dalam suatu tarian sehingga menciptakan suatu bentuk gerakan distilisasi dengan menggunakan tekni menggunakan teknik improvisasi. Fokus Karya yaitu koreografer ingin mengeksperikan sebuah karya tari non dramatik dengan ide garapnya tentang “Solah Bowo”. Dalam hal ini penata ingin menampilkan dalam sebuah bentuk penyajian karya tari “Ki-Ti-Ga-Pit”. Karya tari “Ki-Ti-Ga-Pit” merupakan gambaran dari tingkah laku hewan yaitu Kidang, Tikus, Gajah, dan Pitik. Ciri yang khas pada bentuk tari “Ki-Ti-Ga-Pit” adalah bernyanyi dan menari. Konsep garap pada karya “ Ki-Ti-Ga-Pit” ini meliputi: rangsang awal, tema, sinopsis, tata rias dan busana, konsep iringan, tata pentas, gerak, pola lantai.

Kata kunci: koreografi, solah bawa, gerak

Published
2019-09-26
How to Cite
SURYA MEI WULANDARI, R., & JUWARIYAH, A. (2019). KARYA TARI KOREOGRAFI PENDIDIKAN “Ki-Ti-GaPit” DENGAN JENIS GARAP SOLAH BAWA. Solah, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/30613
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 129