Solmization Method for Student Learning Motivation in Choir Extracurricular Activities at Labschool UNESA 1 Elementary School, Surabaya
Kata Kunci:
Extracurricular, choir, solmization, Learning motivationAbstrak
Fenomena rendahnya motivasi dan partisipasi siswa dalam kegiatan paduan suara di SD Labschool Unesa 1 mendorong pembina paduan suara untuk menerapkan metode Solmisasi sebagai pendekatan alternatif dalam latihan vokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dan penerapan metode Solmisasi, beserta pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi non-partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data dan penyajian data, serta keabsahan data dipastikan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan paduan suara dilaksanakan secara rutin dan terstruktur, didukung oleh suasana latihan yang menyenangkan dan pendekatan personal guru. Penerapan metode Solmisasi meningkatkan pemahaman siswa tentang nada dasar dan mendorong motivasi intrinsik melalui pengalaman belajar yang aktif, menarik, dan bermakna. Siswa tampak lebih percaya diri dan antusias dalam berpartisipasi, baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Solmisasi efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran vokal di sekolah.
Unduhan
Referensi
Bernabé‑Valero, E., Moret-Tatay, C., & Navarro-Sancho, T. (2019). Belongingness as a mediating factor between empathy and life satisfaction in Spanish adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(2), 283.
Gordon, E. E. (2012). Learning sequences in music: A contemporary music learning theory (2012 ed.). GIA Publications.
Kristianingsih, R., Khaq, M. A., & Anjarini, M. D. (2021). The implementation of solfeggio in extracurricular vocal group to increase students' pitch sensitivity. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 21(2), 181–189.
Kwidura, F., Haryono, & Raharjo, T. J. (2020). Pelatihan solfeggio berbasis daring untuk meningkatkan kemampuan kepekaan nada siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNS, 2(1), 1–9.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67.
Sari, N. M., Mering, R., & Muniir, M. (2022). Pengaruh metode solmisasi terhadap kepercayaan diri dan keaktifan siswa dalam kegiatan vokal. Jurnal Pendidikan Seni Musik Indonesia, 3(2), 45–52.
Zelenak, M. S. (2020). Self-efficacy in music performance: Measuring the sources among middle and high school students. Psychology of Music, 48(1), 108–123.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Achmad Syaifuddin Noviansyah, Retnayu Prasetyanti Sekti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

