Inovasi Pembelajaran Paduan Suara melalui Strategi Vocalizing sadako

Penulis

  • Feby Habsari 082135012207
  • Trisakti

Kata Kunci:

Vocalizing Sadako, strategi pembelajaran, paduan suara, hasil belajar, ekstrakurikuler

Abstrak

Pendidikan non-akademik di tingkat sekolah menengah atas memegang peran penting dalam mengembangkan bakat dan keterampilan siswa di luar aspek akademik, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. SMAMDA Voice, kelompok paduan suara di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, menjadi wadah pengembangan minat siswa dan telah meraih berbagai prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Keberhasilan ini tidak lepas dari strategi pembelajaran yang diterapkan, salah satunya adalah strategi Vocalizing Sadako—sebuah inovasi dari pelatih SMAMDA Voice yang menggabungkan pemanasan fisik dan vokal secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi Vocalizing Sadako dan dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam latihan paduan suara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Vocalizing Sadako mampu meningkatkan kualitas vokal, kedisiplinan, dan kepercayaan diri siswa dalam bernyanyi secara harmonis. Melalui pelatihan yang terstruktur dan konsisten, siswa menunjukkan peningkatan dalam teknik vokal, musikalitas, serta kerja sama tim dalam penampilan paduan suara. Kesimpulannya, strategi Vocalizing Sadako merupakan inovasi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anderson, L. W. & K. D. R. (2002). Revisi Taksonomi Bloom. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Miles, B. M. dan M. H. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.

Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosda Karya.

Nugroho, A. & P. B. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Vokal dalam Ekstrakurikuler Musik di SMA. Jurnal Pendidikan Seni, 11(1), 45–58.

Park, H. Y. & C. E. (2018). Vocal Training Techniques to Improve Head Voice Performance in High School Choirs. Journal of Voice, 32(6), 788.e1-788.e6.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Suryaningsih, D. & R. T. (2020). Choral Learning Strategy through Digital Media for High School Students. International Journal of Music Education, 38(4), 432–445.

Uno, B. H. (2008). Model Pembelajaran. Bumi Aksara.

Diterbitkan

2025-07-15

Cara Mengutip

Habsari, F. ., & Trisakti. (2025). Inovasi Pembelajaran Paduan Suara melalui Strategi Vocalizing sadako. Solah, 11(1). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/70795

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 24

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama