DEVELOPMENT OF VIDEO LEARNING MEDIA FOR THE TRADITIONAL MANGGARAI DANCE “TIBA MEKA” TO IMPROVE THE DANCE SKILLS OF EIGHTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
DEVELOPMENT OF VIDEO LEARNING MEDIA FOR THE TRADITIONAL MANGGARAI DANCE “TIBA MEKA” TO IMPROVE THE DANCE SKILLS OF EIGHTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Kata Kunci:
Keywords: Development, Media, Learning, Video, Tiba Meka DanceAbstrak
Pengembangan media pembelajaran video dilakukan sebagai upaya inovatif untuk menyediakan sarana pembelajaran yang menarik dan variatif bagi siswa, mengingat media pembelajaran sebelumnya kurang mampu membangkitkan minat belajar. Pengembangan media juga dilakukan untuk mengatasi keterbatasan guru seni budaya di daerah Manggarai sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara mandiri dan lebih efektif melalui penyajian materi secara visual dan terstruktur. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berupa video tari Tiba Meka yaitu tarian tradisional dari daerah Manggarai, guna meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII SMP dalam bidang keterampilan menari. Inisiatif ini diambil sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa melalui penggunaan media pembelajaran berbasis video. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi lapangan, wawancara, penyebaran angket, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk data hasil observasi dan wawancara, serta data kuantitatif untuk data hasil angket yang diukur melalui perolehan skor. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi untuk para ahli, serta angket tanggapan dari siswa dan guru. Proses pengembangan media yang dilakukan dengan menggunakan ADDIE berdasarkan analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum dan analisis karakteristik siswa menunjukan keberhasilan dalam pembuatan media pembelajaran. Uji kelayakan yang melibatkan validasi ahli materi, ahli media serta tanggapan guru menunjukan media ini masuk dalam kategori sangat layak, sementara itu uji kepraktisan yang dilakukan oleh siswa dan guru mengindikasikan media tergolong praktis. Dengan demikin, hasil penelitia pengembangan media pembelajaran video tari Tiba Meka efektif dalam meningkatkan keterampilan tari siswa kelas VIII SMP.
Unduhan
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.
Adawiyah, R., Sutardi, E., & Suwarjiya. (2023). “Pengembangan Media
Pembelajaran Tari
Tilah Paring di Sanggar Seni Karamunting Kabupaten Hulu Sungai Selatan”.
Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 3 (2), 104-106.
Aditya, P., Paramita, M., & Iju, A. (2022). “Pengembangan Media Video
Pembelajaran Dalam Stimulasi Kemampuan Tarian Modern untuk
Anak Usia Dini”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7 (2), 3-5.
Afiyanti, Y. (2008). Validitas dan Rehabilitas dalam Penelitian Kuantitatif.
Jurnal Keperawatan Indonesia, 12, 137-141.
Anitah, Sri. 2010 Media Pembelajaran, Cetakan Kedua. Yuma Pustaka.
Kadipiro Surakarta
Ardiansyah, Risnita, & Jailani M. Syahran. (2023). Teknik Pengumpulan Data
dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.
Ariyani, Niken. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Pedoman
Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 reineldis putri eldi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

