KAJIAN GEOGRAFIS OBYEK WISATA WADUK GONDANG DI KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

  • ALIFIA DEWI KURNIASARI

Abstract

Waduk Gondang adalah salah satu obyek wisata di Kabupaten Lamongan yang memiliki keunggulan kepariwisataan dari segi daya tarik yaitu dengan mengandalkan pemandangan waduk serta beberapa atraksi menarik didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan daya tarik, karakteristik wisatawan, aksesibilitas yang meliputi jarak, waktu tempuh dan biaya menuju obyek wisata Waduk Gondang dari tempat tinggal wisatawan maupun dari Wisata Bahari Lamongan dan mengenai nilai kegunaan, perbedaan antara lokasi obyek wisata Waduk Gondang dan Wisata Bahari Lamongan dengan lokasi penting di sekitarnya, interaksi/interdependensi antara Waduk Gondang dengan Wisata Bahari Lamongan serta promosi obyek wisata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey.

Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Random Sampling yaitu mengumpulkan dan mengolah data sampel secara acak dengan jumlah responden 80 orang. Sampel pihak pengelola adalah pengelola bidang pariwisata dari pemerintah Lamongan yang berjumlah 1 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

 Hasil penelitian menunjukkan karakteristik wisatawan sebagian besar  adalah perempuan, pengunjung paling banyak berusia 14-20 tahun, mayoritas tingkat pendidikan pengunjung SMA, pekerjaan wisatawan paling banyak mahasiswa dan pelajar, sebagian besar pengunjung adalah warga lokal Lamongan. Daya tarik termasuk kategori sedang dengan jumlah skor 1350, aksesibilitas mudah untuk dijangkau dengan skor 610. Nilai kegunaan obyek wisata Waduk Gondang terhadap harapan refreshing wisatawan 54% responden menyatakan berguna. Nilai kegunaan obyek wisata Waduk Gondang terhadap harapan istirahat wisatawan 64% responden menyatakan sangat berguna. Nilai kegunaan obyek wisata terhadap harapan rekreasi wisatawan 71% menyatakan berguna. Lokasi Waduk Gondang yang berdekatan dengan beberapa lokasi penting disekitarnya maka lokasi obyek wisata Waduk Gondang termasuk strategis. Interaksi yang terjadi antara Waduk Gondang dengan Wisata Bahari Lamongan maksimal atau besar. Promosi obyek wisata Waduk Gondang termasuk sedang dengan skor 14. Berkurangnya jumlah wisatawan dari tahun 2012 hingga sekarang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, daya tarik Waduk Gondang yang hingga kini tidak ada  penambahan atraksi, interaksi antara waduk Gondang dengan obyek wisata lain yang berjauhan sehingga mempengaruhi wisatawan dari luar kota untuk tidak sekalian mengunjungi obyek wisata Waduk Gondang dalam satu kali perjalanan wisatanya, serta promosi yang dilakukan obyek wisata Waduk Gondang kurang efektif karena hanya tinggi di intensitas akan tetapi kurang di media, jangkauan dan kerjasama promosi.

 

Kata kunci: Daya Tarik, Kajian Geografis, Promosi. 

 

 

Abstrack

 

Reservoir Gondang is one of tourisms in Lamongan having tourism excellence in terms of attractiveness such as by relying on reservoir scenery and some interensting attraction over there. This research aims to describe attractiveness, characteristics of tourists, accessibility which covers the distance, travel time and costs to Reservoir Gondang  from the dwelling place of tourists and Wisata Bahari Lamongan  and the value of usefulness, the difference between Reservoir Gondang and Wisata Bahari Lamongan with important locations around them, the interaction/ interdependensi between Reservoir Gondang and Wisata Bahari Lamongan as well as the promotion of tourist attractions. Type of this research is research survey.

Techniques of data Collection of this research are observation, interviews and documentation. The sample collection technique is accidental random sampling such as collecting and processing the data random samples with  80 respondents. While the sample of the management is the field of tourism managers from Lamongan governmen, 1 person. Data analysis techniques are descriptive and quantitative analysis techniques.

The result  shows characteristic of tourist are mostly women. The most visitors are 14-20 years old. The majority of the level of education of visitors is high school. The job of  the most tourists is students. Most of the visitors are Lamongan local society. Attraction is the middle category, 1350. Accessibility is easy to reach with the score 610. The value of the usefulness of the tourism’s pleasantness of the object is  54%. The tourism’s restfulness is 64%. The tourism’s recreation hope is 71%. Reservoir location is near to other locations so that the location of Reservoir Gondang is strategic. Interaction that occurs between the reservoir and Wisata Bahari  Lamongan is  large. Promotion  tourism of the reservoir is middle with score 14.  The decreasing number of tourist from year 2012 until now is caused by some reasons. They are the attraction of Reservoir Gondang which is never added.  The distance between  Reservoir Gondang and the other tourism objects is far.  That influences tourist from out of town for not coming at once in their trip, and the promotion of Reservoir Gondang is not effective enough due to the lacking in the media promotion, promotion scope and cooperation.

 

Keywords: Attraction, Geographical Study, Promotion.

Published
2016-08-23
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 373