PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MEDIA PLASTISIN TEPUNG DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT AL-FALAH CANGA’AN KANOR BOJONEGORO

  • ADE MIFTAKHUL F
  • MARTADI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas Anak melalui media plastisin tepung, dan mendeskripsikan aktivitas Anak selama proses pembelajaran menggunakan media plastisin tepung. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Hasil penelitian : (1) melalui media plastisin tepung ini kreativitas Anak kelas B di RA Muslimat Al-Falah Canga’an mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan hingga setelah dilakukan tindakan. Pada pretest hasil skor keseluruhan pada penilaian kreativitas anak sebesar 253 dengan rata-rata skor 14,04 dan prosentase 56,22%. Pada Siklus I hasil skor keseluruhan pada penilaian kreativitas anak sebesar 310 dengan rata-rata skor 17,21 dan prosentase 68,86%. pada siklus II hasil skor keseluruhan pada penilaian kreativitas anak sebesar 353 dengan rata-rata 19,59 dengan prosentase 78,44%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media plastisin tepung dapat meningkatkan kreativitas anak kelas B di RA Muslimat Al-Falah dengan baik. (2) melalui media plastisin tepung ini Aktivitas Anak kelas B di RA Muslimat Al- Falah Canga’an mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan hingga setelah dilakukan tindakan. Pada pretest hasil skor keseluruhan pada penilaian Aktivitas anak sebesar 255 dengan rata-rata skor 14,14 dan prosentase 56,66%. Pada Siklus I hasil skor keseluruhan pada penilaian aktivitas anak sebesar 288 dengan rata-rata skor 15,98 dan prosentase 63,99%. Pada siklus II hasil skor keseluruhan pada penilaian kreativitas anak sebesar 330 dengan rata-rata 18,3 dengan prosentase 73,33%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media plastisin tepung dapat meningkatkan Aktivitas anak kelas B di RA Muslimat Al- Falah dengan baik.

Kata Kunci: Media, plastisin tepung, kreativitas

Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 23