Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Taksonomi Structure of the Observed Learning Outcome (SOLO) Untuk Menentukan Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fluida Statis

  • NURUL DWI PRATIWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh instrumen soal berbasis taksonomi SOLO yang layak/valid dan mendeskripsikan profil kemampuan fisika siswa dalam memecahkan masalah fluida statis berdasarkan taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan soal dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Sampel penelitian ini terdiri dari 105 siswa kelas X MIA di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, sebanyak 34 siswa dilibatkan untuk uji coba 1 dan 71 siswa untuk uji coba 2. Dari hasil penelitian diperoleh instrumen soal yang valid dengan nilai kelayakan/kevalidan sebesar 8,61. Profil kemampuan fisika siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan taksonomi SOLO pada level prastruktural sebesar 31,39%, level unistruktural sebesar 13,28%, multistruktural sebesar 20,32%, relasional sebesar 27,16%, dan extended abstract sebesar 7,85%.

 

Kata Kunci: Taksonomi SOLO, Pemecahan Masalah, Fluida Statis

 

 

Abstract

This study aimed to obtain a SOLO taxonomy-based instruments about proper/valid and describe the profile of physical abilities of students in solving the problem of static fluid based SOLO taxonomy. This type of research is the development of research questions using research methods Research and Development (R & D). The study sample consisted of 105 students of class X MIA in SMA NU 1 Gresik, about 34 students are involved in trials 1 and 71 students for the test 2. The results were obtained valid question instrument to value the feasibility/validity of 8.61 , Profile capability physics students in solving problems based on the SOLO taxonomy prastruktural level of 31.39%, amounting to 13.28% unistruktural level, multistruktural by 20.32%, amounting to 27.16% of relational and extended abstract of 7.85%.

 

Keywords: SOLO Taxonomy, Problem Solving, Fluid Static

Published
2015-10-01
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 246