ANALISIS GERAK LEMPAR LEMBING (Studi Pada Atlet Atletik Cabor Lempar Lembing PASI Sidoarjo, Ditinjau dari Aspek Biomekanika dan Kinesiologi)

  • ADE SATRIA BAGUS S

Abstract

ANALISIS GERAK LEMPAR LEMBING

(Studi Pada Atlet Atletik Cabor Lempar Lembing PASI Sidoarjo, Ditinjau dari Aspek Biomekanika dan Kinesiologi)

 

ADE SATRIA BAGUS SUWADJI

Adheen19@yahoo.co.id

HERI WAHYUDI

ABSTRAK 

    Lempar lembing merupakan cabang olahraga yang tak bisa dipisahkan dari tradisi berburu manusia di masa lalu. Aktivitas ini menuntut kecepatan serta kecekatan dari pelemparnya. Lempar lembing biasa diperlombakan bersama dengan cabang atletik lainnya seperti lempar cakram, lompat, lari dan lainnya. Pengertian lempar lembing adalah salah satu nomor dalam perlombaan atletik yang melemparkan benda berbentuk lembing, sejauh mungkin. Sedangkan lembing merupakan suatu benda yang terdiri dari mata lembing, badan lembing dan tali pegangan lembing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang rangkaian gerak lempar lembing dan menganalisis gerak lempar lembing yang benar dengan sudut elevasi yang tepat dari segi biomekanika dan Kinesiologi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu menganalisa dan menyajikan data fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Lokasi pengambilan data penelitian ini di Lapangan Atletik Oentoeng Poedjadi dengan menggunakan subjek penelitian 1 orang Atlet PASI Sidoarjo. Hasil pengolahan data dengan teknik analisis menggunakan prinsip-prinsip biomekanika dan pengukurannya menggunakan bantuan software dartfish. Hasil yang diperoleh dari tiga kali lemparan pada subjek penelitian didapat hasil yang efektif adalah pada lemparan ketiga dengan jarak 0,68 m, sudut elevasi 45,2˚ pada ketinggian 2,74 m menghasilkan lemparan sejauh 35,26 m dan kecepatan awal (Vo) 20,60 m. Maka untuk hasil yang maksimal atlet harus melakukan lemparan dengan sudut elevasi sebesar 45˚.

Kata Kunci: Lempar lembing, Analisis gerak, Sudut elevasi.

 

 

MOTION ANALYSIS JAVELIN THROW
(Studies In
Athletics Athlete Javelin Throw Sports PASI Sidoarjo, Judging From The Aspect Of Biomechanics and Kinesiology)

 

ADE SATRIA BAGUS SUWADJI

(Sport Science Courses, Sport Science Faculty, State University Surabaya)

adheen19@yahoo.co.id

 

ABSTRACT

     Javelin throw is sports can’t be separated of human hunting tradition in the past. This activity demanding speed and accuracy of thrower. Javelin throw usual are contested with another athletic sport, such as discus throw, jumping, running, etc. Definition of javelin throw is one of number in atlethic games that throw shaped spear object, as far as possible, while, the spear are consists of the spear eye, spear weight, and rope grip spear. The purpose of this study was to obtain information about the range of motion and analyze motion for javelin throw, javelin throw correct elevation angle of the right in terms of biomechanics and Kinesiology. Location taking of this data research at Athletics field Oentoeng Poedjadi using research subject by athlete PASI Sidoarjo. The data processing analysis techniques using the principles of biomechanichal and measurement using software dartfish. The results obtained from thrice throws on the research subjects get effective results on the third throw with range 0,68 m, elevation angle 45,2◦ at an altitude of 2,74 m, produce as far as 35,26 m, and the initial velocity (Vo) 20,60 m. Then, for maximum results athlete must perform a throw with elevation angle as big as 45◦.

Key words = Javelin throw, motion analysis and the elevation angel.

Published
2014-01-21
Abstract Views: 709
PDF Downloads: 498