PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Rizky Handika Prastiawan Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran teknik elektronika dasar kelas x SMK, juga untuk mengetahui bagaimana respon siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audio visual.Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Dan menggunakan desain penelitianThe Pretest-Posttest Equivalent Groups, dimana penelitian termasuk pada kategori Quasi Experimental Design. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan pembelajaran dengan media audio visual, sedangkan pada kelas kontrol diajarkan menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media audio visual.Dari hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu kelas kontrol didapat nilai rata-rata hasil belajar sebesar 62.38 dengan hasil standart deviasi = 9.079. Sedangkan pada kelas eksperimen didapat nilai rerata hasil belajar sebesar 79.05 dengan standart deviasi = 4.228. Jadi rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media audio visual lebih tinggi di banding hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media audio visual. Dari analisis uji-t didapat nilai thitung < ttabel yakni -9.582 < 1.67 dengan sig < 0.05 yakni 0.00 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan rerata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media AV lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media AV.

Kata Kunci: Media, audio visual, hasil belajar, dan respon siswa.

 

Abstract

The aim of this study is to determine the learning outcomes of students who are taught using audio-visual media on the subjects of basic electronics engineering class X SMK, also to find out how the student response during the study using audio-visual media.The method used to achieve these objectives is experimental research. The research design used is The Pretest-posttest Equivalent Groups, which includes category Quasi Experimental Design. Using the experimental class learning with audio-visual media, whereas for the control classes are taught using conventional methods without the use of audio-visual media.From the results of this study provide results that control class learning outcomes obtained mean value of 62.38 with a standard deviation = 9.079. While the average value learning outcomes of experimental class obtained at 79.05 with a standard deviation = 4,228. So the average value of student learning outcomes experimental class that taught using audio-visual media is higher compared to the learning outcomes of students who were taught using conventional methods without use of audio-visual media. From t-test analysis obtained tcount <ttable namely -9582 <1.67 with sig <0:05 0:00 so we can conclude that there are significant differences in learning outcomes with the average student learning outcomes are taught using AV media was higher than students taught without the use of media AV.

Keywords:Media, audio visual, learning outcomes and students response.

Author Biographies

Rizky Handika Prastiawan, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Prastiawan, R., & Asto B, I. G. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 27