PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE FLUIDSIM-P UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO

  • Riza Aristiawan . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Ismet Basuki . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan software FluidSIM-P. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran menggunakan  problem based learning dengan bantuan software FluidSIM-P, keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi motor listrik yang meliputi hasil belajar ranah sikap, hasil belajar ranah pengetahuan, dan hasil belajar ranah keterampilan pada materi pokok rangakaian sistem pengendali non plc.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R & D) yang dilakukan dengan empat tahap, studi pendahuluan, mendesain perangkat pembelajaran, validasi dan revisi perangkat pembelajaran, dan uji coba perangkat pembelajaran pada 30 siswa kelas XI TIPTL 1 SMK Negeri 2 Probolinggo. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran menggunakan rancangan One-Group Pretest-Postest Design.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa validasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: RPP 1, RPP 2, dan RPP 3 berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,65, LKS 1, LKS 2, dan LKS 3 berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,47, LP 1, LP 2,dan LP3 memiliki kategori baik dengan rata-rata nilai 3,39, dan buku siswa memiliki kategori baik dengan rata-rata nilai 3,29. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan kategori baik dengan rata-rata nilai 3,51. Persentase respon siswa menunjukkan bahwa siswa senang dan tertarik terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan software FluidSIM-P dengan nilai persentase 81,39%. Hasil belajar ranah sikap yang terdiri atas sikap spiritual dan sikap sosial memperoleh rata-rata skor 2,50. Hasil ranah pengetahuan instalasi motor listrik siswa menunjukkan peningkatan dengan rata-rata skor pre-test 2,44 dan rata-rata skor post-test 3,57. Sedangkan hasil belajar ranah keterampilan merakit rangkaian sistem pengendali non plc memperoleh rata-rata skor 3,45.

Kata kunci: problem based learning, software FluidSIM-P, hasil belajar.

Abstract

The purpose of this research is develop learning instrument using problem based learning assisted by FluidSIM-P software. Besides, this research describes the quality of learning using problem based learning assisted by FluidSIM-P software, learning implementation, student responses, and student learning results in subjects including the installation of an electric motor learning result in realm of attitudes, learning result in realm of knowledge, and learning result in realm of skills in subjects matter series controller system.

This study uses the development of research and development (R & D) which is implemented by applying four stages, preliminary studies, designing learning instrument, validation and revision of learning instrument testing the learning instrument to 30 students in class XI TIPTL 1 SMK Negeri 2 Probolinggo. The design of trials of learning instrument uses One-Group Pretest-Posttest Design.

The result of this study indicates that the validation of learning instruments developed are: RPP 1, RPP 2 and RPP 3 categorize good with an average score 3.65, LKS 1 , LKS 2, and 3 LKS categorize good with an average score 3.47, LP 1, LP 2, and LP3 have good category with an average score 3.39, and student books have good category with an average score 3,29. While the learning implementation has good category with an average score 3.51. The percentage of student responses indicate that students excited and interested in learning using problem based learning with percentage 81.39%. The learning results in realm of attitudes that consist of spiritual attitudes and social attitudes with an average score 2.50. The student results of the installation of an electric motor in realm of knowledge show improvement with an average score 2.44 pre-test and the average score of post-test is 3.57. While the learning results in realm of skills in assembling circuit control non plc systems with an average score 3.45.

Kata kunci: problem based learning, software FluidSIM-P, learning achievment.

Author Biographies

Riza Aristiawan ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Ismet Basuki ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., R., & ., I. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE FLUIDSIM-P UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 41