PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • Galih Permana . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Subuh Isnur Haryudo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan software macromedia flash 8, (2) mengetahui respon peserta didik, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan software macromedia flash 8. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi  Eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent ­control group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Nganjuk. Objek penelitian ini berupa pengembangan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan Software Macromedia Flash 8. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen -thitung<-ttabel (-30,914<-1,699) dengan nilai rata-rata 86,56 sedangkan hasil belajar ranah kognitif kelas kontrol -thitung<-ttabel (-24,76<-1,697) dengan nilai rata-rata 80,00. Nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif kelas eksperimen adalah 81,94 sedangkan kelas kontrol adalah 79,95. Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotor kelas eksperimen adalah 87,08 sedangkan kelas kontrol adalah 86,09, (2) Hasil respon peserta didik kelas eksperimen sangat baik dengan nilai rata-rata 89,29, (3) Hasil uji peningkatan (gain) kelas eksperimen lebih unggul dari pada kelas kontrol yaitu dengan kriteria gain tinggi kelas eksperimen 46,67%, sedang 53,33%, dan rendah 0%, pada kelas kontrol kriteria tinggi 23,33%, sedang 76,67%, dan rendah 0%.

Kata kunci: Pengembangan, macromedia, respon, peningkatan.

 

Abstract

This study aims to: (1) determine the feasibility of problem based learning model using the software Macromedia Flash 8, (2) determine the response of students, (3) determine an increase in learning outcomes of students after using problem based learning model using the software Macromedia Flash 8. The method used is Quasi Experiments research design with non-equivalent ­control group pretest-posttest. Subjects in this study were students of class XI TIPTL SMK Negeri 1 Nganjuk. The object of this research is problem based learning model development using software Macromedia Flash 8. Data were analyzed using t-test to improve learning outcome. The results showed that: (1) The results of experimental classes cognitive learning –tcount <-ttable (-30.914 <-1.699) with an average value of 86.56 while the results of control classes cognitive learning –tcount <-ttable (-24.76<-1.697) with the average value of the control class 80.00. Average value of affective learning outcomes experimental class is 81.94 while the control class is  79.95. Average value of psychomotor learning outcomes experimental class is 87.08 while the control class is 86.09, (2) The results of the experimental class students response is very well with the average value of 89.29, (3) The results of gain test experimental class is superior than control class with high criteria gain of the experimental class 46.67%, being 53.33%, and low 0%, at the high criteria of control class 23.33%, being 76.67%, and low 0%.

Keywords: Development, macromedia, response, enhancement.

Author Biographies

Galih Permana ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Subuh Isnur Haryudo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., G., & Haryudo, S. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 1 NGANJUK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 148