PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATA DIKLAT MEMBACA GAMBAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • NUGRAH WAHYU DIPRAYA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada mata diklat Membaca Gambar Teknik di SMKN 7 Surabaya (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (3) untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa setelah diterapkan TPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus I menggunakan pre-test dan post-test, siklus II menggunakan post-test. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) pada mata pelajaran Membaca Gambar Teknik di kelas X TPm 1 SMK Negeri 7 Surabaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar, pada pre test dari 30 siswa, hanya ada beberapa siswa yang mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) ≥75, siklus I meningkat menjadi 11 dari 30 siswa yang mencapai SKM dengan nilai persentase ketuntasan kelas 36,67% dan pada siklus II, naik menjadi 25 dari 30 siswa mampu mencapai SKM ≥75 dengan nilai persentase ketuntasan kelas 84%. Nilai persentase aktvitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I 74,58% dan siklus II 79,57%. Respon siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share sebesar 84%.

Kata kunci     : Model Think-Pair-Share, meningkatkan hasil belajar, Penelitian Tindakan  kelas

Published
2015-06-19
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 232