PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 SIDOARJO

  • Willi Afdin Oktaviansa S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Yunus Yunus S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Contextual teaching and learning (CTL), motivation, learning outcomes.

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model
pembelajaran kontekstual (CTL) pada mata pelajaran muatan lokal (Autocad). Melalui penerapan model
pembelajaran kontekstual, sangat memungkinkan terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif.
Dengan adanay suasana belajar yang baru ini, kualitas pembelajaran dapat meningkat dan motivasi
belajar peserta didik menjadi lebih baik.
Peserta didik yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TPm 1 dan 2, yang
terdiri dari 72 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi menggunakan analisis regresi
sederhana, peneliti menggunakan satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas lainnya sebagai kelas
eksperimen. Dengan menggunakan metode CTL diharapkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik
mengalami peningkatan. Dalam penelitian ini, ketuntasan belajar peserta didik mencapai 83%.
Untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan
model pembelajaran konvensional, peneliti menggunakan uji homogenitas, normalitas dan uji T. Selain
itu peneliti juga menggunakan uji regresi sederhana untuk mengetahui seberapa besar model
pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan uji regresi sederhana,
dapat dikemukakan bahwa model pembelajara CTL mempengaruhi 12% hasil peserta didik siswa kelas X
TPm SMK Negeri 1 Sidoarjo. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti lingkungan,
media pembelajaran, dukungan orang tua, sekolah dan lain sebagainya.
Kata kunci : Pembelajaran kontekstual (CTL), motivasi, hasil belajar.
Abstract
This study aims to improve student learning outcomes by applying the model of contextual learning
(CTL) on the subjects of local content (Autocad). Through the application of contextual learning model, it
is possible the creation of a conducive learning atmosphere. With adanay this new learning environment,
the quality of teaching and learning motivation can be improved to be better learners.
The Student who made the object of this research is the students of class X TPM 1 and 2, which consists
of 72 students. This research is a comparative study using a simple regression analysis, researchers used
the class as a control class and one other class as a class experiment. By using CTL expected that mastery
learning students has increased. In this study, mastery learning students reached 83%.
To determine whether there are differences in the use of contextual learning model with conventional
learning models, researchers used test of homogeneity, normality and test T. In addition, researchers also
use a simple regression to determine how much the contextual learning model for student learning
outcomes. After a simple regression test, it can be argued that the model CTL pembelajara affects 12%
result in class X student learners TPM SMK Negeri 1 Sidoarjo. While the rest influenced by other factors
such as environment, instructional media, the support of parents, schools and so forth.
Keywords : Contextual teaching and learning (CTL), motivation, learning outcomes.
Published
2013-08-01
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 241