PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBEREDHEADS (SNH) PADA PELAJARAN KDTM DI KELAS XI TPM 2 SMKN 7 SURABAYA

  • Fatich Pradana Putra S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Suwito Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Student Response, Activities Teacher, Student Results

Abstract

Abstrak
Model pembelajaran Structured Numbered Heads (SNH) adalah salah satu model yang
dikembangkan untuk meningkatkan penguasaan isi akademis siswa terhadap materi yang diajarkan
melalui pemberian tugas individu untuk menyelesaikan tugas kelompok secara terstruktur. Selama ini
pembelajaran yang dilakukan di SMK Negeri 7 Surabaya masih menggunakan model ceramah, sehingga
mengakibatkan respon siswa yang rendah dan rendahnya prestasi siswa kelas XI TPM 2. Terbukti dengan
nilai siswa pada mata pelajaran Kompetensi Dasar Teknik Mesin (KDTM) tahun pelajaran 2013/2014
pada meteri sebelumnya dari 26 siswa terdapat 10 siswa atau sebesar 38,46% yang belum mencapai
Standar Ketuntasan Minimal (SKM).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jadi dalam
penerapannya menggunakan siklus, terdiri dari siklus I dan siklus II. Data yang diperoleh dari penelitian
ini dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya model pembelajaran Structured Numbered
Heads(SNH) pada mata pelajaran KDTM di kelas XI TPM 2 SMK Negeri 7 Surabaya dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar, pada Pre
test dari 26 siswa hanya ada 2 siswa yang mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) ≥75, siklus I
meningkat menjadi 5 dari 22 siswa yang belum mencapai SKM dengan nilai persentase ketuntasan kelas
80,76%, dan pada siklus II naik menjadi 26 dari 26 siswa yang mencapai SKM dengan nilai persentase
ketuntasan kelas 100%. Nilai persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan, pada siklus I
79,63%, dan siklus II 87,69%. Nilai persentase aktvitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I
76,66% dan pada siklus II 87,03%. Respon siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran
Structured Numbered Heads sebesar 83,33%. Hambatan dalam proses pembelajaran menggunakan model
Structured Numbered Heads adalah, 1) tata ruang kelas yang kurang kondisional, sehingga membatasi
interaksi dengan siswa, 2) siswa kurang teliti dalam menjawab soal-soal dalam pertanyaan, 3) kurangnya
pemanfaatan waktu dalam mengerjakan soal Pre test dan Post test, sehingga siswa kurang teliti dalam
membaca dan memahami soal.
Kata kunci : Respon Siswa, Aktivitas Guru, Hasil Belajar Siswa
Abstract
Structured learning models Numbered Heads (SNH) is a model developed to improve students
mastery of academic content of the material being taught through the granting of individual tasks to
accomplish the task group is structured. During this learning is done in SMK N 7 Surabaya still using the
model talk, resulting in low student response and low student achievement class XI TPM 2. With proven
value to students the basic Competence on subjects of mechanical engineering (KDTM) in 2013/2014
lessons on the previous 26 students from meteri there are 10 students or of 38,46% who have not yet
reached the Complete Standard Minimum (SKM).
This type of research is a Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). So in using the
application cycle, consisting of I and II cycles. The data obtained from this study will be analyzed by
descriptive qualitative method.
The results of this research are applied to Structured learning models with Numbered Heads
(SNH) on KDTM subjects in class XI TPM 2 SMK Negeri 7 Surabaya, achievement can increase student
learning. This is demonstrated by the growing results of the study, the Pre test of 26 students there are
only 2 students who achieve a Complete Standard Minimum (SKM) ≥ 75, cycle I increased to 5 of 22
students who have not yet reached a percentage value of the SKM grade 80,76%, and in cycle II rose to
26 of 26 students who achieve a percentage value of the SKM 100% class. The value of the percentage of
teachers also experience increased activity in cycle I 79,63% and cyclical II 87,69%. The value of the percentage of students also experience increased activity at cycle I 76,66% and on cycle II 87.03 right%. The response of students in learning using learning model Structured Numbered Heads of 83,33%.
Obstacles in the process of learning to use Structured models Numbered Heads is, 1) the classrooms are
less conditional, thus limiting his interaction with students, 2) students less thorough in answering
questions in the question, 3) exploiting the lack of time in working on the question of Pre test and Post
test, so that students are less thorough in reading and understanding the problem.
Keywords : Student Response, Activities Teacher, Student Results
Published
2014-01-17
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 33