EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CNC I PADA PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • REZA Adi ADI PRADANA S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, effectiveness, module development, CNC I, validation

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul yang layak digunakan pada pembelajaran CNC I di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan mengadopsi pada model pengembangan 4D (Four-D Model) yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Sedangkan tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena penelitian ini hanya sebatas uji kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berupa modul.
Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai responden adalah 3 orang ahli media, 3 dosen/pengajar kompetensi keahlian mesin CNC di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan 12 mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin Produksi Angkatan 2010 tahun ajaran 2012/2013 Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar angket dan lembar observasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas modul pembelajaran CNC I yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan bahwa modul pembelajaran CNC I yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah CNC I. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi modul oleh dosen/pengajar kompetensi keahlian mesin CNC sebesar 94,870.% dari skor kriterium, di mana prosentase tersebut jika diinterpretasikan pada Skala Likert, masuk dalam kriteria sangat layak. Modul pembelajaran CNC I yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria efektivitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase respon positif mahasiswa terhadap modul sebesar 86,343.% dari skor kriterium, serta terdapat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa yang dinyatakan dalam prosentase, dari 83,333.% (kegiatan belajar tanpa menggunakan modul pembelajaran CNC I yang dikembangkan) menjadi 93,651.% (kegiatan belajar menggunakan modul pembelajaran CNC I yang dikembangkan).
Kata kunci : efektivitas, pengembangan modul, CNC I, validasi
Abstract
This research aims to produce a decent module used in learning CNC I in the Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering Education State University of Surabaya. This type of research is the development of research. The method used to adopt the Four D Model development consists of four stages : the defining phase, the design phase and stage of development. While the deployment phase (disseminate) is not done for this study was limited to testing the feasibility and effectiveness of the instructional media in the form of modules.
In this study, the respondents were 3 media experts, three lecturers/tutors competency skills of CNC machines in the Department of Mechanical Engineering Education Program and 12 students D3 Mechanical Engineering Production Force 2010 the academic year 2012/2013 Faculty of Engineering, State University of Surabaya. The research instrument used to gather the data includes a observation sheets and a questionnaire sheets. The analysis of data was performed to determine the feasibility and effectiveness of CNC I learning modules developed.
Based on this research, it was shown that developed the CNC I learning modules suitable for use in teaching courses in CNC I. It can be seen from the results of the validation modules by lecturers/tutors competency skills for CNC machine 94.870.% of the score criterion, where the percentage is when interpreted on a Likert Scale qualifies as very feasible. The CNC I learning modules developed also have met the criteria for the effectiveness of instructional media. This is indicated by the percentage of positive responses to the module students at 86.343.% of the score criterion, and there is an increase in student learning activities are expressed in percentage, from 83.333.% (Learned activities without used the learning modules the CNC I developed) to 93.651.% (Learned activities used the learning modules the CNC I developed).
Keywords : effectiveness, module development, CNC I, validation
Published
2013-01-04
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 325
PDF Downloads: 151