PENGARUH PERMAINAN KOMIDI PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A

  • Tuchfatin Khoiroh
  • Wiwik Widajati

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh permainan komidi putar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A. Subyek dalam penelitian ini anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Sidomukti Bungah Gresik dengan jumlah 10 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre ekperimen dan desain penelitian one group pre test post test design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan alat penilaian berupa lembar observasi. Pengujian instrumen reliabilitasnya menggunakan uji reliabilitas pengamatan dengan rumus yang dikemukakan oleh Fernandes. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel (0<8) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho)ditolak. Jadi, apabila Thitung<Ttabel maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa permainan komidi putar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Sidomukti Bungah Gresik.

Kata kunci: Permainan komidi putar,  mengenal konsep bilangan.

 

Abstract

This quantitative study aimed to verify the effect of the influence of carousel game to ability of recognizing concept of numbers for children in group a TK Dharma Wanita Persatuan Sidomukti Bungah Gresik. Subjects in this study were children in group A TK Dharma Wanita Persatuan Sidomukti Bungah Gresik with the number of 10 children. This research uses quantitative research approach with pre experiment and one group test post test design. Data collection uses observation with observation sheets. Reliability of instrument was tested by using observation reliability test with Fernandes’ formula.  Wilcoxon match pairs test is used as data analysis technique with Tcalculated < Ttable. Based on result of the research Tcalculated < Ttable 0 < 8 with significance level 5%. Therefore, alternative hypothesis (Ha) is accepted and nul hypothesis (H0) is rejected. This indicates that  carousel game has influence to  ability of recognizing concept of numbers for children in group A TK “Dharma Wanita Persatuan”Sidomukti Bungah Gresik.

Keywords: Carousel game, concept of numbers

Published
2016-03-15
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 422