FAKTOR – FAKTOR PENDORONG PEDAGANG PASAR PANGGUNG BERJUALAN DI PASAR KREMPYENG DI DESA PANGGUNG KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN

  • PURWANINGSIH Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

Abstract

At Panggung village, District Barat, Magetan are the traditional markets called Panggung. The market is a
market platform built by the government, but the market is devoid of economic activities due to its
merchants prefer to sell on the streets or often called Krempyeng Market. In this Krempyeng market
traders of economic activity. Initially the traders want to go to the Market Panggung but it only lasted one
year after it was re-selling at the market traders Krempyeng. This study aimed to investigate the factors -
factors driving market traders at Panggung market selling on the Krempyeng market at Panggung village,
District Barat, Magetan. This research is survey research. The population and the sample is the number of
traders who sell at markets Krempyeng total of 120 traders and 60 buyers. Data collection techniques
obtained by using interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is
quantitative descriptive analysis. The results showed that accessibility on the Market Panggung is easy
because it is around village settlements distance to Market Panggung has the closest distance the Village
Panggung 700 yards with average travel time - the smallest average is 5.75 minutes, type the path to the
market from 10 villages, 7 of them have any kind of road asphalt. Facilities and infrastructure complete
market because it has more than 6 infrastructure market. So traders have other factors not to trade on the
Market Panggung. Factors that promote the ease of reach buyers, the highest percentage is much easier to
reach buyers when selling in the market than in the market Krempyeng Panggung is as much as 89.17% of
traders, economic factors, market traders Krempyeng turnover vary between traders and other traders this
due to the type of merchandise sold varies, the turnover rate - the average day trader is a trader of the
lowest household Rp 25500.00, this is because the number of merchants using less than with other kinds of
goods merchant, the merchant who claimed to increase turnover sales by 82 people from 120 merchants.

Key words: Market Krempyeng, factors - factors, Traditional Markets.

Abstrak
Di Desa Panggung Kecamatan Barat Kabupaten Magetan terdapat pasar tradisional yaitu Pasar Panggung.
Pasar Panggung ini merupakan pasar yang dibangun oleh pemerintah, akan tetapi pasar ini sepi dari
kegiatan ekonomi dikarenakan para pedagangnya lebih memilih berjualan di pinggir jalan atau sering
disebut dengan Pasar Krempyeng. Di pasar Krempyeng inilah para pedagang melakukan aktivitas
ekonomi. Awalnya para pedagang mau masuk ke Pasar Panggung akan tetapi hanya bertahan satu tahun
saja setelah itu pedagang kembali berjualan di Pasar Krempyeng. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor – faktor pendorong pedagang Pasar Panggung berjualan di Pasar Krempyeng di Desa
Panggung Kecamatan Barat Kabupaten Magetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dan
sampelnya adalah jumlah pedagang yang berjualan di Pasar Krempyeng sebanyak 120 pedagang dan 60
pembeli. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa aksesibilitas di Pasar Panggung adalah mudah hal ini dikarenakan jarak pemukiman
desa sekitar menuju Pasar Panggung memiliki jarak terdekat yaitu Desa Panggung 700 meter dengan
waktu tempuh rata – rata paling kecil yaitu 5,75 menit, jenis jalan menuju pasar dari 10 desa, 7
diantaranya memiliki jenis jalan aspal. Sarana dan prasarana pasar yang lengkap karena memiliki lebih
dari 6 prasarana pasar. Jadi pedagang memiliki faktor lain untuk tidak berdagang di Pasar Panggung.
Faktor yang mendorong yaitu kemudahan menjangkau pembeli, presentase paling tinggi adalah lebih
mudah menjangkau pembeli jika berjualan di Pasar Krempyeng daripada di Pasar Panggung yaitu
sebanyak 89,17% pedagang, faktor ekonomi, omzet pedagang Pasar Krempyeng berbeda antara satu
pedagang dan pedagang yang lainnya hal ini dikarenakan jenis barang dagangan yang dijual
bervariasi,omzet rata – rata per hari pedagang yang paling rendah adalah pedagang peralatan rumah tangga
yaitu Rp 25.500,00 , hal ini dikarenakan jumlah pedagang yang sedikit dibanding dengan pedagang dengan
jenis barang lainnya, pedagang yang mengaku mengalami peningkatan omzet penjualan sebanyak 82 orang
dari 120 pedagang.

Kata kunci : Pasar Krempyeng, Faktor – faktor,Pasar Tradisional

Published
2012-11-01
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 93