KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA DI UPTD PASAR NGEMPLAK KABUPATEN TULUNGAGUNG

  • HARYO Prastyo PRASETYO WIDIGDO Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

Abstract

Perkembangan PKL di Pujasera Pasar ngemplak Tulungagung sejalan dengan berkurangnya pengunjung untuk berkunjung, jumlah PKL semakin hari semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sosial ekonomi, yang di khususkan pada PKL di Pujasera Pasar Ngemplak yang ditinjau dari karakteristik PKL. Sehingga dapat diketahui karakteristik sosial ekonomi PKL. Tujuan penelitian ini untuk: Mengetahui karakteristik sosial ekonomi pedagang kaki lima di Pujasera Pasar Ngemplak Desa Botoran Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti ini adalah survey dengan pendekatan Deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah area Pujasera UPTD Pasar Ngemplak Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Populasi dalam penelitian ini adalah semua Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di Pujasera UPTD Pasar Ngemplak Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung sebanyak 80 orang/pedagang sebagai responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dari segi sosial bahwa frekuensi pulang para PKL setiap hari atau ulang-alik/komutasi yaitu mereka pulang kerumah masing di kecamatan tulungagung dan luar kecamatan tulungagung, dengan topografi daerah asal datar dan sangat curam.Rata-rata pendidikan SMA 63,8%, yang memulai usahanya pukul 16.00-23.00 Wib, dan alasan menjadi pedagang di Pujasera Pasar ngemplak karena pendapatannya lumayan. Para PKL memiliki paguyuban sejak tahun 2005. Sedangkan dari segi Ekonomi sebesar 86,2% PKl tidak memilki lahan di daerah asal,maka dari itu 93,25% menjadi PKL sebagai pekerjaan pokok, dengan pendapatan yang di atas rata-rata 75% PKL merasa kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kata kunci: Karakteristik Pedagang Kaki Lima.

Abstract

The development of street vendors in the Market Food Court in line with the reduced Bulletin Ngemplak visitors to visit, the number of street vendors are increasingly declining. This study aims to determine the socio-economic characteristics, which specialize in street vendors in Market Food Court Ngemplak the
terms of the characteristics of street vendors. This characterizing socioeconomic PKL. The purpose of this study to: Knowing the socio-economic characteristics of street vendors in the Food Court Village Market Ngemplak Botoran Bulletin Tulungagung District. This type of research chosen by the researcher is descriptive survey approach. What research is UPTD Market Food Court area Ngemplak Bulletin Tulungagung district population in this study were all Merchant Street Markets (PKL), which is in Market Food Court UPTD Ngemplak Bulletin Tulungagung district 80 people / traders as respondents. The technique of data analysis using descriptive statistics. Based on the results of social research note that the frequency of street vendors return every day or ulang-alik/komutasi that they go home each in the district and outside the district tulungagung tulungagung, with flat topography of the area of origin and very steep. Average 63.8% high school education, which started at 16:00 to 23:00 am, and the reasons become traders in Market Food Court Ngemplak as income fairly. The merchandisers have a community since 2005. In terms of economy of 86.2% PKI does not have the land in the area of origin, and therefore 93.25% to street vendors as principal jobs, with earnings above the average of 75% of street vendors are not adequate to meet the daily needs.

Keywords: Characteristics of Merchants Street Markets.

Published
2013-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 170 PDF Downloads: 0