FAKTOR PENARIK MIGRAN KE KOTA DI KELURAHAN TANAH KALI KEDINDING KECAMATAN KENJERAN KOTA SURABAYA

  • RAHMAD YUSUP WIJAYA SUKRI

Abstract

Abstrak

                Penduduk Kota Surabaya dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dalam konsep kependudukan, disebutkan bahwa salah satu faktor peningkatan jumlah penduduk adalah migrasi masuk. Oleh sebab itu berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui faktor penarik migrasi ke kota Surabaya khusus di Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya.

                Secara rinci tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kondisi latar belakang sosial-ekonomi migran, (2) Mengetahui faktor penarik migrasi masuk di Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya (3) Mengetahui faktor yang menghambat migrasi masuk di Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya.

                Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 695 migran. Besar sampel diambil berdasarkan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 88. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi sosial-ekonomi sebagian besar migran memiliki jumlah beban tanggungan keluarga migran rata-rata adalah sebanyak ≤ 4 orang. Tingkat pendidikan migran rata-rata adalah tamat SLTA. Informasi daerah tujuan rata-rata berasal dari orang tua, istri/suami. Pekerjaan migran sebelum migrasi adalah belum bekerja, kemudian pekerjaan sesudah migrasi adalah pedagang. Pendapatan migran sebelum migrasi Rp.500.000 -Rp.1.399.999, dan sesudah migrasi Rp.2.360.000 – Rp.3.239.999. Pengeluaran migran rata-rata adalah Rp1.500.000 - Rp.2.000.000. (2) Faktor penarik yang dominan untuk melakukan migrasi masuk dalam hal ini alasan migran melakukan migrasi adalah ingin dekat dengan keluarga. Peningkatan pendapatan migran adalah meningkat. Menurut pendapat responden diketahui bahwa 1.) fasilitas kesehatan dan pendidikan adalah baik. 2.) Budaya yang sesuai dengan migran adalah kekerabatan. 3.) Biaya hidup migran adalah murah atau rendah.

Kata kunci: kondisi sosial-ekonomi migran, faktor penarik migrasi, faktor penghambat migrasi

Published
2014-08-21
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 117