Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian Individu Dalam Informasi Aktual COVID-19

(Fenomena Pada Mahasiswa Pertukaran Universitas Negeri Surabaya Di Central China Normal University di Kota Wuhan, China)

  • Irena Kristanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Saat ini, pandemi COVID-19 tengah menyerang berbagai bangsa di belahan bumi melalui penularannya yang begitu mudah dan cepat sehingga menimbulkan kecemasan dan ketidakpastian dalam diri individu masyarakat. Pada saat informasi aktual virus ini dikabarkan sedang menyerang Kota Wuhan, kecemasan dan ketidakpastian dialami oleh mahasiswa-mahasiswa pertukaran UNESA di CCNU di Kota Wuhan. Saat mahasiswa-mahasiswa tersebut dievakuasi ke Pulau Natuna dan dipulangkan ke kota asalnya, ternyata mereka masih mengalami kecemasan dan ketidakpastian karena sikap penolakan dan stigma negative dari masyarakat. Penelitian ini ditulis dengan teori AUM (Anxiety and Uncertainty Management) yang dikemukakan oleh Willian B. Gudykunst, 1993. Teori ini berbicara tentang bagaimana individu mengelola kecemasan dan ketidakpastian dalam situasi pandemic ini. Karena itu, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini, individu dapat mengelola kecemasan dan ketidakpastian melalui Self-Concept, Motivation to Interact with Strangers, Reaction to Strangers, Situational Process dan Connection with Strangers.
Published
2020-08-12
How to Cite
Kristanti, I. (2020). Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian Individu Dalam Informasi Aktual COVID-19. The Commercium, 3(02), 1-7. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/35866
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 504
PDF Downloads: 1299