STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA GRESIK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DITENGAH PANDEMI COVID-19

(Studi Kasus Pada Wisata Baru Setigi Gresik)

  • Novya Setyo Rahayu Mahasiswa

Abstract

Abstrak Dampak Covid-19 begitu menghantam seluruh perekonomian Indonesia salah satunya industri pariwisata Indonesia. Pariwisata menjadi lemah karena ditengah pandemi Covid-19 interaksi secara langsung sangat dibatasi. Seperti Wisata Setigi yang baru beroperasi 1 tahun namun sudah mengahadapi tantangan wabah Covid-19. Wisata Setigi sempat mengalami defisit karena penutupan sementara pada saat berlakunya kebijakan PSBB pada 3 kota di Jawa Timur. Melihat permasalahan yang terjadi pengelola wisata memfokuskan strategi pemasaran untuk mempertahankan eksistensi dan lebih meningkatkan jumlah pengunjung pada saat wisata dibuka kembali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian beberapa strategi yang diterapkan saat pandemi senada dalam kajian Agus Hermawan yaitu bauran promosi. Hasil yang telah diperbaruhi mengikuti kondisi pandemi sehingga strategi yang paling unggul dan diandalkan pengelola wisata adalah pemasaran dari mulut ke mulut atau Word Of Mouth (WOM) dan pemasaran dari mulut ke mulut melalui digital atau Electronic Word Of Mouth (E-WOM). Pemasaran ini dianggap efektif pada saat pandemi karena adanya kepercayaan, kesan dan pengalaman positif oleh pembeli terhadap jasa yang ditawarkan sehingga mampu membujuk, memotivasi calon pembeli lebih banyak dalam memutuskan pembelian. Strategi lain sebagai pendukung adalah meliputi pemberian diskon, menyediakan pemandu, menyediakan panggilan jarak jauh melalui bagian informasi Wisata Setigi. Kata kunci: strategi, komunikasi pemasaran, promotion mix, wisata Setigi Abstract The impact of Covid-19 hit the entire Indonesian economy, one of which is the Indonesian tourism industry. Tourism is becoming weak because in the midst of the Covid-19 pandemic, direct interaction is very limited. Like Setigi Tourism, which has only been operating for 1 year but has already faced the challenges of the Covid-19 outbreak. Setigi Tourism experienced a deficit due to the temporary closure during the implementation of the PSBB policy in 3 cities in East Java. Seeing the problems that occur, the tour manager focuses on marketing strategies to maintain existence and further increase the number of visitors when the tour is reopened. This research uses qualitative research using the case study method. The results of the research on several strategies applied during the pandemic are in line with Agus Hermawan's study, namely the promotion mix. The result have been updated following pandemic conditions so that the most superior and reliable strategy for tourism managers is word of mouth (WOM) marketing and word of mouth marketing via digital or Electronic Word Of Mouth (E-WOM). This marketing was considered effective during pandemic because of the trust, impression and positive experience by buyers of the services offered so as to persuade, motivate potential buyers to make more decisions to buy. Other strategies as support include giving discounts, providing guides, providing long distance calls through the Setigi Tourism information section. Keywords: Strategy, Marketing Communication, Promotion Mix, Setigi Tourism
Published
2021-03-01
How to Cite
Rahayu, N. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA GRESIK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DITENGAH PANDEMI COVID-19. The Commercium, 4(01), 27-39. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/38624
Abstract Views: 741
PDF Downloads: 1035