Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Representasi Hero Perempuan Dalam Game Mobile Legends : Bang Bang

Roland Barthes' Semiotic Analysis on Female Heroes Representation in Mobile Legends : Bang Bang Game

  • Fahmi Reza Rahmadani University Student
  • Danang Tandyonomanu

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengulas tentang bagaimana representasi perempuan dalam karakter yang ada dalam Game Online yang cukup populer, yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Penelitian ini menjadi menarik dikarenakan keberadaan perempuan dalam Game yang populer di Indonesia terbilang jarang. Dalam penelitian terdahulu juga membuktikan bahwa perempuan selalu ditempatkan menjadi tokoh sampingan dan hampir selalu berada dalam stereotip negatif yang diciptakan oleh tim pengembang laki-laki heteroseksual. Dalam Game yang bertema perang ini terdapat karakter utama yang disebut hero yang didesain berdasarkan berbagai macam referensi termasuk perempuan. Peneliti menggunakan metode tekstual analisis dan Semiotika yang disertai dengan proses decoding (menerjemahkan dan memaknai) tanda-tanda dalam kesatuan unit, yaitu teks. Dalam penelitian ini, Mobile Legends: Bang Bang dijadikan sebagai objek kajian. Game tersebut dilihat sebagai tanda dan teks yang dapat digunakan untuk menganalisis makna representasi perempuan. Penelitian ini menunjukan bahwa representasi perempuan setelah dianalisis melalui desain visualnya direpresentasikan sebagai sosok yang melakukan hal-hal yang serupa dengan hal-hal yang dilakukan pria dan tetap memiki maskulinitas dan femininitas secara bersamaan, dan sesuai dengan peran (role) yang mereka miliki. Kata Kunci : Game Online, Mobile Legends : Bang Bang, Gender, Representasi karakter, Hero perempuan, Analisis Tekstual, Desain visual. ABSTRACT This study reviews the women representation characters in a quite popular online Game, Mobile Legends: Bang Bang. This research is interesting since it is rare for women existence in popular Games in Indonesia. In this study, it is also proved that women are always being the side character and sometimes, always in negative stereotypes created by heterosexual male development teams. In this war-themed Game, characters called Heroes provide various types of references to suit women. The researcher uses a qualitative analysis method which is translated by the process of decoding (translating and interpreting) signs in a unity, namely text. In this study, the Mobile Legends: Bang Bang was made as to the object of study. The Game is seen as a sign and text that could be used to analyse the meaning of women's representation. This research shows the representation of women after being analysed through their visual design is represented as a figure who does things done with things done by men and still thinking about masculinity and femininity simultaneously by the Roles they have. Keywords: Online game, Mobile Legends : Bang Bang, Gender, Character representation, female heroes, textual analysis, visual design.
Published
2021-03-29
How to Cite
Rahmadani, F., & Tandyonomanu, D. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Representasi Hero Perempuan Dalam Game Mobile Legends : Bang Bang. The Commercium, 3(02), 1-5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/38907
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 1271
PDF Downloads: 1090