OBJEKTIVITAS MEDIA DALAM PEMBERITAAN DEMONSTRASI PENOLAKAN OMNIBUS LAW TAHUN 2020 DI JAWA TIMUR (Analisis Isi Kuantitatif pada Koran Jawa Pos dan Surya Periode 6 – 20 Oktober 2020)

  • Anisa Bilqis Al Kautsar UNESA

Abstract

Demonstarsi penolakan Omnibus Law pecah pada tahun 2020 yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Hal tersebut tentunya menjadi topik yang hangat diberitakan oleh media massa. Media massa sebagai sarana penyalur informasi kepada publik haruslah memenuhi aspek netralitas dan juga memiliki independensi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamanakah objektivitas pemberitaan terkait demonstrasi Omnibus Law yang dilakukan oleh media massa. Terkhususnya media cetak, media cetak merupakan media memiliki dampak yang besar di masyarakat. Untuk mengetahui hal tersebut penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif dengan mengacu pada teori objektivitas Westerstahl (1983) dengan melakukan pengujian dengan dimensi faktualitas dan imparsialitas. Yang kemudian dijabarkan dan dianalisis pada sub unit analisis tiap dimensi. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan teori Westerstahl, pada dimensi faktualitas pada media Jawa Pos dan Surya dalam menyajikan fakta, dan kelengkapan informasi cukup baik. Selain itu keduanya juga memiliki relevansi narasumber dan penentuan judul yang sesuai. Sedangkan pada dimensi imparsialitas, keberimbangan berita media pada Jawa Pos dan Surya masih belum sempurna karena terdapat beberapa berita yang tidak berimbang. Pada unit analisis sifat berita, penyajian opini dan sensasinalisme pada berita terdapat beberapa berita yang cenderung mengarah pada pihak tertentu. Meskipun demikian media koran Jawa pos dan Surya harus tetap berusaha menyajikan berita-berita yang berkualitas dan berimbang kepada publik.
Published
2021-06-10
How to Cite
Al Kautsar, A. (2021). OBJEKTIVITAS MEDIA DALAM PEMBERITAAN DEMONSTRASI PENOLAKAN OMNIBUS LAW TAHUN 2020 DI JAWA TIMUR (Analisis Isi Kuantitatif pada Koran Jawa Pos dan Surya Periode 6 – 20 Oktober 2020). The Commercium, 4(01), 75-85. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/39934
Abstract Views: 269
PDF Downloads: 214