Pembentukan image wisata aman di era new normal (Studi kasus alun-alun kota wisata batu)

  • Eka Nur Fujianti Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan image destinasi wisata Kota Batu sebagai wisata aman ditengah pandemi di era new normal (studi kasus alun-alun kota wisata batu). Menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus dengan perolehan data yang didapat dari hasil wawancara dan pengamatan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya pembukaan kembali salah satu destinasi wisata Kota Batu yakni Alun-alun Batu telah melalui serangkaian proses uji kelayakan wisata era new normal dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Menurut hasil penelitian yang didapat peneliti, terdapat beberapa kegiatan dalam pembentukan image kota wisata aman yang dilakukan oleh pihak pengelola Alun-alun bersama pemerintah guna menciptakan lingkungan wisata nyaman bagi wisatawan untuk berwisata di tengah pandemi. Beberapa diantaranya mengarah pada strategi umum branding. Langkah pertama yakni pemberlakuan one gate system kawasan Alun-alun dengan satu pintu masuk dan satu pintu keluar, Infratstructure marketing (pemasaran prasarana) berupa perbaikan sarana dan prasarana diberbagai titik kawasan Alun-alun yang disesuaikan dengan protokol kesehatan demi kenyamanan wisatawan saat berkunjung di Alun-alun. Attraction marketing (pemasaran atraksi wisata) dan Image marketing (pemasaran citra) ditunjukkan melalui wajah baru Alun-alun era new normal dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. People Marketing (pemasaran penduduk) merupakan bentuk kerjasama pemerintah Kota Batu dengan masyarakat dalam menciptakan masyarakat taat protokol kesehatan. Yang terakhir berupa pemanfaatan media sebagai sarana promosi berwisata aman. Kata Kunci: Pemasaran Citra, Destinasi Wisata, New Normal
Published
2021-07-13
How to Cite
Fujianti, E. (2021). Pembentukan image wisata aman di era new normal (Studi kasus alun-alun kota wisata batu). The Commercium, 4(02), 93-104. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41584
Abstract Views: 253
PDF Downloads: 243