ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL LINI BISNIS TERNAKMART PADA STARTUP TERNAKNESIA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Lya Miftakhus Sholikhah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19, memaksa startup untuk berpikir kembali bagaimana mempertahankan roda perusahaan, bagaimana masa depan brandnya, cara mengatasi masalah di masa pandemi dan meningkatkan penjualan. Dari pandemi, komunikasi pemasaran digital atau pemasaran berbasis media sosial dapat menjadi sebuah alternatif solusi dalam menghadapi masa- masa sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran berbasis media sosial lini bisnis Ternakmart pada startup Ternaknesia dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 dan mengetahui hasil analisis dari komunikasi pemasaran melalui media sosial tersebut dengan menggunakan analisis model 7C Framework yaitu Context (Konteks), Content (Isi), Community (Komunitas), Cuztomization (Kustomisasi), Communication (Komunikasi), Connection (Koneksi), Commerce (Perdagangan). Analisis 7C Framework adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan sebagai panduan untuk merancang customer interface (atar muka pelanggan) dalam proses pemasaran online. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian studi kasus, menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme untuk memperoleh hasil yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bersasarkan model analisis 7C Framework, dalam melakukan komunikasi pemasaran berbasis media sosial pada Website, Facebook, dan Instagram lini bisnis Ternakmart memiliki potensi untuk digunakan sebagai media promosi, dikarenakan mencakup 7C elemen Framework yaitu context, content, community, customization, communication, connection dan commerce sebagai upaya dalam menghadapi pandemi Covid-19 berupa promosi melalui media sosial.
Published
2021-07-15
How to Cite
Sholikhah, L. (2021). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL LINI BISNIS TERNAKMART PADA STARTUP TERNAKNESIA DI MASA PANDEMI COVID-19. The Commercium, 4(02), 132-145. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41803
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 845
PDF Downloads: 1756